Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2021, 15:34 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Fox News

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Philip sebagai ayah mertua Putri Diana diketahui ternyata menjadi sosok yang berusaha memberikan dukungan di awal masa sulit pernikahan Diana dengan Pangeran Charles.

Pada 1981, Diana menikah dengan Pangeran Charles yang mewarisi takhta Inggris.

"Philip adalah fondasi kehidupan keluarga kerajaan, mendukung Diana selama masa sulitnya," ungkap penulis Inggris, Tom Quinn kepada Fox News.

Baca juga: Ini Alasan Pangeran Philip Tidak Diberi Gelar Raja

"Dia juga menegur putra-putranya, termasuk Pangeran Charles, ketika dia merasa tingkah laku mereka tidak cukup baik," ujarnya.

Melansir Fox News pada Jumat (9/4/2021), terdapat surat-surat yang ditemukan setelah kematian Diana di usia 36 tahun pada 1997.

Di sana diungkapkan bahwa Philip menawarkan waktu untuk Diana dapat berkeluh kesah, saat ia mengetahui pernikahan Putri Wales dengan putranya, Pangeran Charles terancam.

Diana sudah lama curiga bahwa Charles selingkuh dengan mantan pacarnya, Camilla Parker Bowles.

"Saya hanya bisa mengulangi apa yang telah saya katakan sebelumnya," tulis Philip, seperti dikutip dari majalah Woman and Home.

Baca juga: Pangeran Charles Kenang Pangeran Philip Sosok Ayah Penuh Semangat Luar Biasa

"Jika diundang, saya akan selalu melakukan yang terbaik untuk membantu Anda dan Charles semampu saya. Tetapi, saya cukup siap untuk mengakui bahwa saya tidak memiliki bakat sebagai penasihat pernikahan!" tulis Philip dalam suratnya kepada Diana.

Dalam balasannya, Putri Diana menulis, "Pa tersayang, saya sangat tersentuh oleh surat terbaru Anda, yang membuktikan kepada saya bahwa Anda benar-benar peduli."

"Anda sangat rendah hati tentang kemampuan bimbingan pernikahan Anda, dan saya tidak setuju dengan Anda! Di surat terakhir Anda menunjukkan pengertian dan kebijaksanaan yang luar biasa, dan saya berharap dapat menarik nasihat Anda di bulan-bulan mendatang, apa pun hasilnya," ungkap Diana.

Quinn mengatakan bahwa pada awalnya Philip membela Diana.

"Ketika Diana berada di titik terendahnya, Philip menulis kepadanya dan mengatakan dia tidak mengerti mengapa Charles bersikeras untuk bersama Camilla," klaimnya.

Baca juga: Terungkap Wasiat Terakhir Pangeran Philip: Ingin Meninggal di Rumahnya

"Dia mengatakan kepadanya bahwa dia pikir Charles gila bahkan berpikir untuk meninggalkannya. Dia telah memberi tahu Charles bahwa dia gila memilih Camilla daripada Diana yang sangat disukai Philip," ungkapnya.

"Philip memberitahu Diana bahwa dia mendapatkan simpatinya dan dia mengatakan kepadanya bahwa dia akan mencoba berbicara dengan Charles," lanjut Quinn.

Halaman:
Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com