Pengangguran di Eropa Meroket, Lulusan Baru Takut Jadi Generasi Hilang

Kompas.com - 02/04/2021, 14:30 WIB
Esther Jardim yang berasal dari London, Inggris, mencari pekerjaan dengan papan yang terikat di dadanya. DW INDONESIAEsther Jardim yang berasal dari London, Inggris, mencari pekerjaan dengan papan yang terikat di dadanya.

BARCELONA, KOMPAS.com - Seorang pemuda dari Barcelona, Jordi Battlo telah mengirimkan ratusan surat lamaran kerja ke sejumlah perusahaan dalam beberapa bulan terakhir.

"Saya sudah tidak bisa menghitung (lamaran yang sudah saya kirim)," kata Battlo.

Penolakan menjadi rutinitas yang mengerikan bagi alumnus bisnis dan teknik tersebut.

Baca juga: Covid-19 Eropa Mengkhawatirkan, Perancis Kembali Lockdown Sebulan

"Kurangnya balasan dari perusahaan membuat saya merasa semua yang telah saya lakukan tidak berarti apa-apa," kata Battlo.

Setelah menyelesaikan studi magister di IESE Business School Madrid pada Juli 2020, satu-satunya pilihannya adalah magang jangka pendek dan sekarang dia menganggur.

Berdasarkan data Eurostat, pengangguran kaum muda di Uni Eropa (UE) mencapai 17 persen, lebih dari dua kali lipat tingkat pengangguran umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Oktober 2020, Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) memperingatkan bahwa seluruh generasi muda di Eropa berisiko tertinggal, karena banyak perusahaan menghentikan rencana perekrutan selama pandemi.

Baca juga: Pejabatnya Kena Sanksi, Korea Utara Sebut Uni Eropa Gila

Persaingan membunuh harapan para pencari kerja

Tidak berbeda jauh dari Battlo, lulusan magister bidang manajemen dari University College London, Georgia Burns, di Dublin mengalami hal yang sama.

"Ketika saya memulai S2, saya berpikir: Oke, saya akan mendapatkan pekerjaan ketika saya lulus. Kemudian pandemi melanda dan sekarang saya melakukan magang paruh waktu dengan upah minimum. Ini tidak seperti yang saya kira," kata Burns.

Jumlah orang berusia 15-24 tahun di UE yang sedang mencari pekerjaan atau setengah menganggur naik 5 persen dalam satu tahun terakhir, menurut Eurostat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.