Vaksin Pangkas 80 Persen Risiko Serius Covid-19 pada Penduduk Usia 80 ke Atas

Kompas.com - 02/03/2021, 17:08 WIB
Ilustrasi vaksinasi pada lansia SHUTTERSTOCK/BaLL LunLaIlustrasi vaksinasi pada lansia

LONDON, KOMPAS.com - Analisis dari Inggris menunjukkan satu dosis vaksin Covid-19 dari Oxford-AstraZeneca atau Pfizer-BioNTech dapat mengurangi kebutuhan perawatan rumah sakit lebih dari 80 persen.

Data Public Health England menunjukkan efeknya muncul dalam tiga hingga empat minggu setelah vaksinasi.

Penelitian itu didasarkan pada orang berusia di atas 80 tahun yang menjadi kelompok pertama penerima inokulasi di Inggris.

Ilmuwan pemerintah memuji hasilnya, tetapi tetap menekankan bahwa dua dosis diperlukan untuk perlindungan terbaik.

Hasil analisis ini muncul setelah temuan serupa diterbitkan oleh otoritas kesehatan Skotlandia pekan lalu, yang mereka puji sebagai "hasil spektakuler".

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan dalam briefing Downing Street pada Senin (1/3/2021) bahwa hasil vaksin terbaru "sangat kuat" efeknya.

"Mereka juga dapat membantu menjelaskan mengapa jumlah pasien Covid-19 yang masuk ke unit perawatan intensif di antara orang-orang di atas 80 di Inggris telah turun menjadi satu angka dalam beberapa minggu terakhir," kata dia seperti dilansir BBC pada Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Diam-diam, Ternyata Trump dan Melania Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Pada konferensi pers itu, Wakil Kepala Petugas Medis Inggris, Prof Jonathan Van-Tam mengatakan, data tersebut memberikan gambaran bagaimana program vaksin "mudah-mudahan akan membawa kita ke dunia yang sangat berbeda dalam beberapa bulan mendatang".

Namun, dia menekankan "sangat penting" dosis kedua diberikan dan menjadi bagian dari imunisasi terhadap Covid-19.

Prof Van-Tam menekankan ada dampak signifikan dalam dosis kedua vaksin. Inokulasi penuh akan mematangkan respons kekebalan. Di saat yang sama bisa memberikan perlindungan lebih luas dan pastinya lebih lama, daripada hanya mendapatkan satu dosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X