2 Pilot dan Pejabat Maskapai Turki Terancam Penjara, Dituduh Mambantu Pelarian Mantan Bos Nissan

Kompas.com - 25/02/2021, 08:52 WIB
Chairman Nissan Carlos Ghosn. Nissan Motor Co.Chairman Nissan Carlos Ghosn.

ISTANBUL, KOMPAS.com - Pengadilan Turki jatuhi hukuman 2 pilot dan seorang pejabat dari maskapai swasta karena terlibat membantu pelarian mantan bos Nissan, Carlos Ghosn yang dramatik dari Jepang pada 2019.

Pengadilan di Istanbul pada Rabu (24/2/2021), menjatuhi hukuman masing-masing 4,2 tahun penjara, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada Rabu (24/2/2021).

Keputusan pengadilan itu sekaligus membebaskan 2 pilot lainnya dari tuduhan "menyelundupkan migran secara ilegal", dan 2 pramugrari juga dibebaskan dari laporan kriminal.

Baca juga: Jejak Kriminal El Chapo, Bandar Narkoba Terbesar Dunia yang Lihai Kabur dari Penjara

Ghosn ditangkap di Tokyo dalam tuduhan pelanggaran keuangan pada 2018, dan melarikan diri saat menunggu persidangan.

Dia diterbangkan dari Osaka ke Istanbul dengan pesawat pribadi dan dan kemudian dipindahkan ke pesawat lain ke Beirut, di mana dia tiba pada 30 Desember 2019.

Pengusaha Brasil-Lebanon itu diyakini bersembunyi di dalam sebuah kotak besar.

Baca juga: Menang Gugatan, Bos Mafia Boleh Setel Lagu dan Nonton TV di Penjara

Pilot yang dihukum penjara itu, Noyan Pasin dan Bahri Kutlu Somek, yang tetap merasa tidak besalah selama persidangan.

Mereka, 2 pilot dan sesorang pramugari, membantah terlibat dalam rencana untuk membantu Ghosn melarikan diri dan mengaku tidak tahu bahwa dia telah berada di dalam penerbangan mereka.

Pejabat maskapai itu, Okan Kosemen mengklaim bahwa dia diberitahu bahwa Ghosn berada di pesawat ke Istanbul hanya sesaat setelah pesawat itu mendarat.

Baca juga: Bos Mafia Terkenal yang Kelola Kerajaan Kriminalnya dari Penjara Ditemukan Tewas di Selnya

Dia mengaku membantu menyelundupkan Ghosn ke pesawat kedua yang menuju ke Lebanon, tetapi mengklaim dia melakukannya di bawah ancaman dan ditakuti atas keselamatan keluarganya.

Halaman:

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X