Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Philip Masuk RS Delapan Kali dalam 10 Tahun, Bagaimana Rekam Jejak Kesehatannya?

Kompas.com - 18/02/2021, 19:13 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Philip telah menghadapi beberapa kali perawatan di rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. Penyebabnya antara lain karena infeksi dari penyakit sebelumnya dan beberapa putaran operasi.

Duke of Edinburgh, 99 tahun, dibawa dari Kastil Windsor ke rumah sakit di London pada Selasa malam (17/2/2021), dengan sejumlah kekhawatiran,” kata pejabat Istana Buckingham melansir Newsweek.

Ini bukan kali pertama ayah pewaris takhta Kerajaan Inggris itu dirawat di Rumah Sakit King Edward VII di London.

Dalam 10 tahun terakhir, setidaknya sudah delapan kali sang pangeran mendapat perawatan di rumah sakit.

Virus corona telah dikesampingkan dari penyebab masuknya suami dari Ratu Elizabeth II itu ke rumah sakit kali ini. Namun dia akan tetap dalam pengawasan selama beberapa hari.

Baca juga: Pangeran Philip Suami Ratu Elizabeth II Masuk Rumah Sakit, Begini Kondisinya...

Tiga perjalanan sebelumnya ke rumah sakit disebabkan oleh infeksi. Pangeran Philip dirawat di Rumah Sakit King Edward VII pada Juni 2012 karena infeksi kandung kemih.

Perawatan itu membuatnya harus melewatkan banyak perayaan pesta “diamond jubilee” bagi sang ratu. Perayaan itu merayakan 60 tahun kontribusi Ratu untuk Persemakmuran Inggris dan kehidupan pelayanan publiknya.

Saat itu, berita tersebut diumumkan hanya beberapa jam sebelum Pangeran Philip dijadwalkan menghadiri konser perayaan BBC di luar Istana Buckingham, menurut laporan The Guardian.

Pernyataan istana pada 2012 berbunyi: "Dapat dimengerti, dia kecewa karena melewatkan konser pesta diamond jubilee malam ini dan acara pertunangan besok."

Dua bulan kemudian, Philip dirawat di rumah sakit di Skotlandia setelah infeksinya kambuh. Istana Buckingham saat itu menyatakan Duke of Edinburgh bereaksi baik terhadap pengobatan yang diberikan.

Pada Juni 2017, dia dirawat di Rumah Sakit King Edward VII lagi. Kali ini untuk infeksi yang timbul dari penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Istana Buckingham pada saat itu hanya mengatakan "Pangeran Philip dalam semangat yang baik dan kecewa karena melewatkan pembukaan parlemen negara bagian dan Royal Ascot."

Pangeran Charles kemudian harus menggantikan ayahnya pada pembukaan parlemen kenegaraan tersebut.

Baca juga: Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip Rayakan Ulang Tahun Pernikahan Ke-73

Pada 2019, Philip menghabiskan empat malam di Rumah Sakit King Edward VII dan istana mengonfirmasi bahwa dia dirawat masih karena "penyakit yang sudah ada sebelumnya".

Dia dibawa ke Rumah Sakit Papworth di Cambridge pada 2011, karena mengalami nyeri dada dan dirawat karena penyumbatan arteri koroner.

Halaman:
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com