Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali dalam 1 Dekade, Populasi Jerman Tidak Alami Peningkatan

Kompas.com - 12/01/2021, 20:21 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Badan Statistik Federal Jerman (Destatis) pada Selasa (12/1/2021) menunjukkan bahwa "Negeri Bir" itu tidak mengalami peningkatan populasi untuk pertama kalinya dalam 1 dekade.

Melansir Deutsche Welle, dengan banyak angka kematian dan imigrasi yang rendah, Jerman tidak mengalami peningkatan populasi untuk pertama kalinya sejak 2011.

Angka yang diekstrapolasi menunjukkan 83,2 juta orang tinggal di Jerman pada akhir tahun 2020.

Baca juga: Pertama Kali dalam Sejarah, Populasi Korea Selatan Turun

 

Destatis mengaitkan dataran tinggi populasi dengan imigrasi yang lebih rendah karena pandemi Covid-19, dan juga peningkatan jumlah kematian di tengah pandemi virus corona.

Dalam tiga dekade sejak reunifikasi Jerman, populasi -dengan sedikit pengecualian- cenderung mengalami peningkatan.

Akan tetapi, pertumbuhan populasi ini secara eksklusif murni dihasilkan dari imigrasi. Tanpa itu, populasi sudah menyusut sejak 1972 dengan lebih banyak kematian daripada kelahiran setiap tahun sejak saat itu.

Baca juga: Tekan Populasi Uighur, China Paksakan Aborsi, Sterilisasi, dan Program KB

Tingkat kelahiran atau kesuburan Jerman berada jauh di bawah rata-rata global dan bahkan Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Jumlah kelahiran tampaknya sedikit turun pada 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut angka awal, sementara jumlah kematian tampaknya telah meningkat secara nyata.

Perkiraan untuk tahun 2020 adalah 755.000 hingga 775.000 kelahiran dibandingkan dengan setidaknya 980.000 kematian.

Baca juga: Wilayah Utara Australia Ditutup hingga 2022 untuk Melindungi Populasi Aborigin dari Covid-19

Destatis memperkirakan migrasi bersih ke Jerman antara 180.000 dan 240.000 orang tahun ini. Dan tahun 2020 menjadi tahun kelima berturut-turut di mana jumlah tersebut menyusut setelah puncaknya selama krisis migrasi pada 2015.

Pembatasan perjalanan yang disebabkan oleh pandemi virus corona pada 2020, dan konsekuensi ekonomi, diyakini berdampak pada pembatasan migrasi.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona: Seperempat Populasi Warga Italia Dikarantina

Pada September 2020 saja, jumlah imigran turun sebesar 25 persen dan emigran sebesar 22 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

Penurunan tersebut diperkirakan akan lebih parah lagi menjelang akhir tahun, dengan migrasi keseluruhan untuk 2020 diperkirakan berada di antara 25 persen dan 45 persen lebih rendah dibandingkan 2019.

Baca juga: Setengah Populasi Nagorno-Karabakh Mengungsi karena Perang Armenia-Azerbaijan Tidak Kunjung Usai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com