Setelah Maroko, AS Lobi Negara Muslim di Asia Buat Berdamai Dengan Israel

Kompas.com - 26/12/2020, 18:12 WIB
Ilustrasi normalisasi hubungan diplomasi antara Israel dan negara-negara Arab yang dimediasi Amerika Serikat (AS). DW IndonesiaIlustrasi normalisasi hubungan diplomasi antara Israel dan negara-negara Arab yang dimediasi Amerika Serikat (AS).

KOMPAS.com - Kabar Amerika Serikat ( AS) melobi negara muslim untuk berdamai dengan Israel itu diutarakan seorang anggota kabinet pemerintah Israel, Kamis (24/12/2020).

Diplomasi damai diupayakan bisa membuahkan hasil sebelum berakhirnya masa jabatan Presiden AS Donald Trump pada 20 Januari 2021 mendatang.

"Kami sedang bekerja ke arah sana,” kata Menteri Kerjasama Regional Israel, Ofir Akunis, kepada stasiun televisi Ynet TV.

"Saya kira, nanti akan ada pengumuman dari AS soal sebuah negara lain yang akan mengumumkan normalisasi hubungan dengan Israel dan, pada intinya, dilengkapi infrastruktur yang komplit untuk sebuah kesepakatan – sebuah kesepakatan damai,” kata dia.

Akunis menolak menyebutkan nama negara yang dimaksud. Salah satunya berada di Teluk, namun bukan Arab Saudi.

Baca juga: Trump Beri Penghargaan kepada Para Penasihat Utama karena Sukses Dorong Normalisasi Dunia Arab dengan Israel

Negara lain berada di timur Jazirah Arab, sebuah negara muslim yang tidak kecil, tapi bukan Pakistan, katanya.

Indonesia sejauh ini menegaskan hanya akan berdamai jika Palestina merdeka. Malaysia juga mengambil sikap serupa.

Ada pun di Dhaka, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Bangladesh memastikan negaranya tidak tertarik pada normalisasi hubungan dengan Israel.

"Posisi kami masih sama,” kata dia.

Normalisasi hubungan dengan negara muslim non-Arab diyakini akan semakin memperkuat posisi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu jelang pemilu pada Januari mendatang 2021 dan memoles rapor pemerintahan Trump yang ingin mencalonkan diri kembali.

Baca juga: Muncul Kabar Normalisasi Hubungan Indonesia-Israel, Kemenlu Langsung Membantah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X