Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Jual Senjata Rp 14 Triliun kepada Maroko Sehari Setelah Normalisasi dengan Israel

Kompas.com - 13/12/2020, 07:58 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Al Jazeera

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Administrasi pemerintahan Presiden Trump lakukan penjualan senjata 1 miliar dollar AS (Rp 14,1 triliun) kepada Maroko pada Jumat (11/12/2020), sehari setelah melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel.

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui kesepakatan itu, Reuters menyebutkan bahwa pemerintahan Trump telah mengirim pemberitahuan kepada Kongres tentang penjualan senjata yang diusulkan.

Proposal yang bernilai Rp 14,1 triliun tersebut mencakup 4 drone buatan Amerika Serikat, serta amunisi berpemandu presisi, kata sumber itu, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada Sabtu (12/12/2020). 

Baca juga: Iran Sebut Normalisasi Maroko-Israel sebagai Pengkhianatan terhadap Islam

Pemberitahuan Departemen Luar Negeri kepada Kongres tentang kesepakatan senjata yang diusulkan memulai pemrosesan formal penjualan, menurut laporan Bloomberg pada Jumat, mengutip dua sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Bloomberg juga melaporkan bahwa kesepakatan itu mencakup 4 drone dan amunisi berpemandu laser.

Baca juga: Maroko Sepakati Normalisasi dengan Israel, Trump: Sebuah Terobosan Besar

Kongres diberi tahu tentang kesepakatan senjata internasional utama dan diberi kesempatan untuk meninjaunya sebelum disetujui.

Di bawah undang-undang ekspor senjata Amerika Serikat, anggota Kongres dapat mencoba memblokir penjualan semacam itu dengan menawarkan resolusi ketidaksetujuan, tetapi sumber mengatakan penjualan senjata itu diharapkan terjadi.

Baca juga: Arab Saudi: Asalkan Kedaulatan Palestina Diberikan, Normalisasi dengan Israel dapat Terjadi

Kesepakatan senjata AS bernilai miliaran dolar baru-baru ini dengan UEA, yang terjadi setelah negara Teluk itu menandatangani kesepakatan normalisasi dengan Israel, secara luas dikecam oleh beberapa legislator AS yang mencoba memblokir penjualan tersebut.

Upaya itu gagal awal pekan ini di Senat AS.

Reuters pertama kali melaporkan kesepakatan penjualan senjata pada Kamis setelah Presiden AS Donald Trump memuji perjanjian normalisasi antara Maroko dan Israel.

Baca juga: Hubungan Kurdi Irak dengan Israel yang Bercerai setelah Kesepakatan Normalisasi

Normalisasi yang dikutuk oleh para pemimpin Palestina, dicapai setelah Washington mengakui klaim Maroko atas wilayah sengketa Sahara Barat.

Maroko adalah negara Arab keempat yang setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel atas perintah pemerintahan Trump setelah Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan.

Baca juga: Normalisasi Hubungan, Penerbangan Langsung Abu Dhabi-Tel Aviv Akan Dimulai 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com