Misteri Menara Tengkorak Suku Aztec, Konon Bekas Tumbal dan Seluas Lapangan Basket

Kompas.com - 13/12/2020, 07:00 WIB
Sebagian dari struktur menara tengkorak manusia yang ditemukan di Templo Mayor, Tenochtitlan, Mexico City, ibu kota Meksiko. REUTERS/HENRY ROMEROSebagian dari struktur menara tengkorak manusia yang ditemukan di Templo Mayor, Tenochtitlan, Mexico City, ibu kota Meksiko.

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Benda-benda peninggalan Suku Aztec kembali ditemukan, dan yang terbaru adalah temuan 119 tengkorak dalam bagian menara tengkorak atau Huei Tzompantli.

Struktur menara tengkorak ini mulai ditemukan pada 2015 oleh para arkeolog dari Institute of Anthropology and History (INAH) Meksiko.

Kala itu mereka menemukan "rak tengkorak" di dekat situs Templo Mayor, salah satu kuil utama di ibu kota Aztec, Tenochtitlan, yang sekarang menjadi Mexico City ibu kota Meksiko.

Baca juga: Temuan Menara Tengkorak Berisi Ratusan Tulang Manusia, Termasuk Wanita dan Anak-anak

Mereka bilang temuan itu hanya secuil ujung menara tengkorak, yang ukuran asli lahannya seluas lapangan basket.

Menara dengan diameter 4,7 meter ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-15, dan sejauh ini sudah lebih dari 600 tengkorak yang ditemukan di situs itu.

"Di setiap pijakan, Templo Mayor terus mengejutkan kami," ungkap Menteri Kebudayaan Alejandra Frausto.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Huei Tzompantli tak diragukan lagi adalah salah satu temuan arkeologi paling mengesankan di negara kami dalam beberapa tahun terakhir," lanjutnya.

Baca juga: Sisa-sisa Istana Aztec Ditemukan di Bawah Bangunan Megah Meksiko City

Apa fungsi menara tengkorak, dan mayat siapa?

Penelitian demi penelitian secara perlahan menguak kegunaan menara tengkorak ini.

Ada indikasi struktur ini adalah peninggalan tumbal kepada para dewa, yang dulu dipandang sebagai cara untuk memastikan kelangsungan alam semesta.

Dengan asumsi itu para ahli menganggap menara tengkorak Suku Aztec adalah bangunan kehidupan, bukan kematian.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X