Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Beri Penghargaan kepada Para Penasihat Utama karena Sukses Dorong Normalisasi Dunia Arab dengan Israel

Kompas.com - 24/12/2020, 14:59 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber REUTERS

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Donald Trump memberi penghargaan keamanan nasional AS kepada beberapa penasihat utamanya pada Rabu (23/12/2020).

Penghargaan itu diberikan karena peran mereka dalam membantu perjanjian yang bertujuan untuk mencapai normalisasi hubungan Israel dan 4 negara di dunia Arab.

Baca juga: Muncul Kabar Normalisasi Hubungan Indonesia-Israel, Kemenlu Langsung Membantah

Melansir Reuters pada Kamis (24/12/2020), para penasihan utama penerima penghargaan tersebut adalah Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Menteri Keuangan Steven Mnuchin, Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien, Penasihat Senior Jared Kushner.

Selain itu, Utusan Timur Tengah Avi Berkowitz, Duta Besar AS untuk Israel David Friedman, dan Duta Besar AS untuk Uni Emirat Arab John Rakolta.

Baca juga: AS Jual Senjata Rp 14 Triliun kepada Maroko Sehari Setelah Normalisasi dengan Israel

"Berkat upaya individu-individu ini, wilayah tersebut tidak akan pernah lagi sama, karena akhirnya bergerak maju, meninggalkan konflik masa lalu," pernyataan resmi dari Gedung Putih.

Baca juga: Iran Sebut Normalisasi Maroko-Israel sebagai Pengkhianatan terhadap Islam

Dalam 4 bulan terakhir, Israel menvapai kesepakatan dengan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko, sebagai bagaian dari apa yang disebut Amerika Serikat sebagai "Abraham Accords".

Baca juga: Maroko Sepakati Normalisasi dengan Israel, Trump: Sebuah Terobosan Besar

Pejabat senior AS berharap untuk melakukan satu perjanjian lagi yang menjadi bagian dari "Arbraham Accords", sebelum masa jabatan Trump berakhir pada 20 Januari, seperti yang dikutip dari Reuters.

Kewenangan presiden untuk memberikan Medali Keamanan Nasional dimulai pada 1953, di bawah perintah eksekutif yang memungkinkan pengakuan atas kontribusi besar di bidang keamanan nasional.

Baca juga: Arab Saudi: Asalkan Kedaulatan Palestina Diberikan, Normalisasi dengan Israel dapat Terjadi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber REUTERS
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com