Renovasi Gagal, Wajah Patung Klasik Ini Jadi Mirip Donald Trump

Kompas.com - 29/11/2020, 14:06 WIB
Patung wanita yang dipugar kembali tampak seperti wajah Presiden AS Donald Trump. Facebook Patung wanita yang dipugar kembali tampak seperti wajah Presiden AS Donald Trump.

MADRID, KOMPAS.com - Seorang seniman yang disewa untuk memugar patung berusia puluhan tahun di Spanyol menuai kritik karena tampak seperti wajah presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Melansir Mirror, Kamis (12/11/2020) patung yang dipugar itu awalnya berbentuk kepala wanita. Namun kini tampak begitu bulat seperti kentang dan wajahnya mirip dengan Donald Trump.

Patung yang berada di bangunan bank di Palencia, Spanyol itu menuai banyak kritik dan cemooh di media sosial.

Netizen juga membandingkan dengan lukisan Yesus abad ke-19 yang sempat rusak dan diperbaiki, lalu hasil perbaikannya malah mirip seperti wajah monyet ketimbang Yesus sehingga lukisan itu dijuluki "Monyet Kristus".

Baca juga: Anjing Favorit Presiden Turkmenistan Dibuatkan Patung Emas Setinggi 15 Meter di Ibu Kota

Adapun foto patung yang mirip Trump itu diunggah di media sosial oleh seorang pelukis bernama Antonio Guzman dan menyebut karya hasil pemugaran itu mirip kartun.

Las fotos están un poco borrosas, de todas maneras se aprecia la pícia perfectamente. Esta cabeza se cayó de uno de los...

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikirim oleh Antonio Capel Artista pada Sabtu, 07 November 2020

Sebelumnya, patung itu berwajah seorang gadis yang sedang tersenyum pada tahun 1923 yang dikelilingi beberapa ekor ternak dan harus dipugar kembali setelah bagian hidung, mata dan penampilannya terkikis.

Baca juga: Tak Bisa Hidup Tanpamu, Suami di India Bikin Patung Lilin yang Mirip Mendiang Istrinya

Menurut media Art, pemugaran itu memicu kemarahan di kalangan pecinta seni dengan membandingkan transformasi wajah patung yang diklaim "kartun" menjadi "kepala kentang" berwajah "presiden AS".

Seorang kritikus seni bahkan menyampaikan kritik sembari bercanda, "Karena dia [Trump] harus meninggalkan Gedung Putih maka dia dipindahkan ke sini."

Sampai sekarang, identitas orang yang memugar patung itu masih belum terungkap. Hasil pemugaran itu telah banyak membuat orang bingung dan memancing tawa di Facebook.

Baca juga: Patung Perunggu Anime Attack on Titan Selesai Dibangun, Ini Penampakannya...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.