Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri Diduga Meninggal karena Penyakit Mirip Asma

Kompas.com - 21/11/2020, 17:46 WIB
Pemimpin Al Qaeda, Ayman Al Zawahiri. Mirror.co.ukPemimpin Al Qaeda, Ayman Al Zawahiri.

KABUL, KOMPAS.com - Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri dilaporkan meninggal setelah terinfeksi penyakit pernapasan yang mirip dengan asma.

Kabar yang diungkapkan oleh media Pakistan itu terjadi di tengah rumor menghilangnya orang yang menggantikan Osama bin Laden tersebut.

Sumber keamanan di Pakistan maupun Afghanistan mengungkapkan kepada Arab News bahwa al-Zawahiri sudah meninggal, diduga terkena asma setelah mengalami "masalah pernapasan serius".

Baca juga: AS Yakin Al-Qaeda di Ambang Kematian Setelah Perang 20 Tahun

Sejak kali terakhir menyampaikan pesan dalam peringata 9/11, kondisi kesehatan Ayman al-Zawahiri selalu diragukan. Meski laporan kematiannya selalu mendapat bantahan.

Sebelum menjadi orang nomor satu di Al-Qaeda, dokter kelahiran Mesir itu merupakan wakil Osama bin Laden, dan naik saat dia tewas pada 2011.

Salah satu sumber yang mengeklaim kepada Arab News mengaku sebagai penerjemah kelompok itu, di mana dia berujar al-Zawahiri meninggal di Afghanistan.

"Dia mati karena asma karena dia tidak mendapatkan perawatan secara benar," kata si sumber sebagaimana diberitakan Daily Mail Jumat (20/11/2020).

Kemudian pejabat Pakistan yang betugas di perbatasan Afghanistan mengatakan, pihaknya yakin Zawahiri telah tiada karena sebab alami.

Sumber lainnya, yang fokus kepada operasi anti-teror, menuturkan dia mendapatkan informasi bahwa Zawahiri sudah mati sekitar satu bulan ini.

Baca juga: Para Pemimpinnya Dilaporkan Tewas, Bagaimana Nasib Al-Qaeda ke Depan?

Sumber itu menuturkan, Zawahiri mengembuskan napas terakhir pada awal November, di mana upacara pemakamannya sudah dilaksanakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X