Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Resmi Instagram Paus Fransiskus "Like" Model Brasil, Vatikan Gelar Investigasi

Kompas.com - 20/11/2020, 11:04 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Guardian,BBC

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Vatikan menyatakan, mereka bakal menginvestigasi bagaimana bisa akun resmi Instagram Paus Fransiskus memberi tanda "like" ke foto model Brasil.

Catholic News Agency melaporkan, tidak diketahui bagaimana bisa akun itu menyukai model bernama Natalia Garibotto, yang mengenakan pakaian mirip seragam sekolah.

Namun, tanda "suka" itu dilaporkan masih bisa dilihat oleh netizen hingga Jumat pekan lalu (13/11/2020), sebelum ditarik.

Baca juga: Terekam Pukul Tangan Seorang Wanita, Paus Fransiskus Meminta Maaf

Viralnya kejadian itu membuat COY Co, agensi dari si model Brasil, menangkap layar tampilan itu dan mengunggahnya di akun mereka sendiri.

"Kami mendapat berkat resmi dari Paus," kelakar COY Co. Garibotto sendiri berseloroh pemberian "like" itu "cukup membuatnya ke surga".

Mengutip sumber internal, Catholic News Agency memberitakan Vatikan bakal menggelar penyelidikan untuk mengungkap fakta yang sebenarnya.

Dilansir BBC dan The Guardian Jumat (20/11/2020), salah satunya adalah meminta penjelasan ke Instagram bagaimana akun Paus Fransiskus bisa kecolongan seperti itu.

"Yang jelas, kami bisa mengesampingkan dari Bapa Suci sebagai pihak yang memberi 'like', dan meminta penjelasan ke Instagram," kata juru bicara Vatikan.

Sumber kepada CNA menjelaskan, Paus pertama dari Ordo Jesuit itu mempunyai tim administrasi, sehingga penyelidikan internal juga dilakukan.

Baca juga: Presiden AS Terpilih Joe Biden Dikabarkan Berbicara dengan Paus Fransiskus, Apa Isinya?

Paus asal Argentina itu termasuk populer di media sosial, di mana akun Instagram-nya, diberi nama franciscus, mempunyai 7,4 juta pengikut.

Sementara di Twitter, akunnya diikuti 18,8 juta. Pada 2017, dia pernah dinobatkan sebagai pemimpin dunia paling populer di media sosial.

Namun menurut Robert Mickens, editor harian Katolik La Croix, Paus Fransiskus sangat jarang mempunyai waktu untuk memikirkan kontennya.

"Sri Paus tak seperti (Presiden AS) Donald Trump, yang bisa duduk menghadapi ponsel atau laptopnya, dan menge-tiwt sepanjang waktu," kata Mickens.

Baca juga: Vatikan Klarifikasi Ucapan Paus Fransiskus soal Ikatan Sipil Sesama Jenis

Mickens menuturkan, Paus biasanya bakal menyetujui twit apa yang hendak disampaikan ke followers-nya, namun tidak dengan like.

Meski begitu, Paus Fransiskus pernah mengatakan dia berpikiran menulis sendiri kicauananya melihat perkembangan situasi yang ada.

"Karena itu, beliau jelas tidak ada hubungannya dengan ini (insiden menyukai foto model Brasil). Ini mungkin departemen komunikasinya, siapa tahu," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com