Akun Resmi Instagram Paus Fransiskus "Like" Model Brasil, Vatikan Gelar Investigasi

Kompas.com - 20/11/2020, 11:04 WIB
Dalam file foto Kamis 24 September 2015 ini, Paus Fransiskus berpidato di pertemuan gabungan Kongres di Capitol Hill di Washington, membuat sejarah sebagai Paus pertama yang melakukannya. Mendengarkan di belakang Paus adalah Wakil Presiden Joe Biden dan Ketua DPR John Boehner dari Ohio. AP/Carolyn KasterDalam file foto Kamis 24 September 2015 ini, Paus Fransiskus berpidato di pertemuan gabungan Kongres di Capitol Hill di Washington, membuat sejarah sebagai Paus pertama yang melakukannya. Mendengarkan di belakang Paus adalah Wakil Presiden Joe Biden dan Ketua DPR John Boehner dari Ohio.

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Vatikan menyatakan, mereka bakal menginvestigasi bagaimana bisa akun resmi Instagram Paus Fransiskus memberi tanda " like" ke foto model Brasil.

Catholic News Agency melaporkan, tidak diketahui bagaimana bisa akun itu menyukai model bernama Natalia Garibotto, yang mengenakan pakaian mirip seragam sekolah.

Namun, tanda "suka" itu dilaporkan masih bisa dilihat oleh netizen hingga Jumat pekan lalu (13/11/2020), sebelum ditarik.

Baca juga: Terekam Pukul Tangan Seorang Wanita, Paus Fransiskus Meminta Maaf

Viralnya kejadian itu membuat COY Co, agensi dari si model Brasil, menangkap layar tampilan itu dan mengunggahnya di akun mereka sendiri.

"Kami mendapat berkat resmi dari Paus," kelakar COY Co. Garibotto sendiri berseloroh pemberian "like" itu "cukup membuatnya ke surga".

Mengutip sumber internal, Catholic News Agency memberitakan Vatikan bakal menggelar penyelidikan untuk mengungkap fakta yang sebenarnya.

Dilansir BBC dan The Guardian Jumat (20/11/2020), salah satunya adalah meminta penjelasan ke Instagram bagaimana akun Paus Fransiskus bisa kecolongan seperti itu.

"Yang jelas, kami bisa mengesampingkan dari Bapa Suci sebagai pihak yang memberi 'like', dan meminta penjelasan ke Instagram," kata juru bicara Vatikan.

Sumber kepada CNA menjelaskan, Paus pertama dari Ordo Jesuit itu mempunyai tim administrasi, sehingga penyelidikan internal juga dilakukan.

Baca juga: Presiden AS Terpilih Joe Biden Dikabarkan Berbicara dengan Paus Fransiskus, Apa Isinya?

Paus asal Argentina itu termasuk populer di media sosial, di mana akun Instagram-nya, diberi nama franciscus, mempunyai 7,4 juta pengikut.

Halaman:

Sumber Guardian,BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X