Seorang Pekerja Imigran Dibayar Murah Alami Kecelakaan hingga Tewas Tanpa Keamanan Standar

Kompas.com - 15/11/2020, 22:27 WIB
Ilustrasi pekerja. shutterstockIlustrasi pekerja.

BIRMINGHAM, KOMPAS.com - Seorang imigran ilegal pekerja kasar alami kecelakaan kerja hingga tewas di tempat pendauran ulang sampah.

Gul Daad Khan (36 tahun) bekerja overtime 11 jam per hari dalam 6 hari dengan bayaran hanya 3,18-35 pound sterling (Rp 59.564 sampaiRp 655.587) per jam.

Khan alami kecelakaan dan meninggal seketika pada 12 Oktober 2016, tapi kisahnya baru sekarang dipublikasikan, lapor The Birmingham Mail.

Melansir The Sun pada Sabtu (15/11/2020), penyelidikan tahun lalu diberitahu bahwa banyak fitur keselamatan di baler sudah tidak berfungsi, tidak ada penilaian risiko yang dilakukan, dan tidak ada peralatan keselamatan yang ditawarkan kepada karyawan.

Baca juga: Selama 27 Tahun Keluarga Ini Tak Tahu Kerabatnya yang Hilang Tewas Kecelakaan

Tidak ada yang menghadapi tindakan apa pun atas kematian Khan di industri yang telah menyebabkan setidaknya 19 pekerja tewas sejak 2017.

Khan naik ke atas baler yang digunakan untuk menghancurkan karton setelah tersumbat, tetapi jatuh ke dalam mesin dan hancur.

Rincian tragedi itu terungkap pada pemeriksaan yang menyatakan penyebab resmi kematian sebagai "asphyxia".

Dalam catatan pemeriksaan tertulisnya, asisten koroner James Bennett berkata, “Baler telah diblokir karena kelebihan muatan dengan karton.

Baca juga: Sekitar 140 Migran Afrika Tenggelam dalam Kecelakaan di Lepas Pantai Senegal

"Dalam upaya untuk membersihkan penyumbatan, almarhum naik ke atas baler. Dia jatuh ke dalam mesin, yang kemudian terus beroperasi.”

Pemeriksa mayat mendaftarkan serangkaian masalah "penyebab" hingga kematian tersebut.

Halaman:

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X