Istri Kim Jong Un Tak Kelihatan Selama 9 Bulan, ke Mana Dia?

Kompas.com - 26/10/2020, 15:38 WIB
Foto yang dirilis kantor berita Korea Utara KCNA pada 28 Maret 2018 memperlihatkan Kim Jong Un berpose bersama istrinya Ri Sol Ju saat berkunjung ke Beijing, China.
KCNA VIA KNS / AFPFoto yang dirilis kantor berita Korea Utara KCNA pada 28 Maret 2018 memperlihatkan Kim Jong Un berpose bersama istrinya Ri Sol Ju saat berkunjung ke Beijing, China.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Rumor kembali menggelayuti keluarga Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di mana kini sang istri, Ri Sol Ju, dikabarkan menghilang selama sembilan bulan.

Ri terakhir kali terlihat mendampingi suaminya itu pada Tahun Baru Imlek Januari lalu. Setelah itu, dia tak terlihat lagi batang hidungnya.

Bahkan, Ri disebut tidak hadir ketika Korea Utara menggelar parade militer untuk merayakan 75 tahun Partai Buruh pada 10 Oktober.

Baca juga: Jarang Tampil di Hadapan Publik, Istri Kim Jong Un Hamil?

Rumor pun berkembang di mana berdasarkan pemberitaan Daily NK, Ri Sol Ju tidak muncul selama sembilan bulan karena menderita penyakit.

Sementara pakar di Korea Selatan menyebut istri Kim Jong Un itu menghindar dari virus corona, di mana Korut mengeklaim tak melaporkan kasusnya.

Dikatakan dia memilih untuk menghindari pertemuan publik karena banyak orang tak mengenakan masker. Sehingga dia mencemaskan kondisi anak-anaknya.

Sumber yang ada di Korut sendiri meyakini Ri Sol Ju tidak pernah muncul di depan umum karena dia fokus mengurus bibi sang suami.

Kim Kyung Hee, adik bungsu ayah sekaligus pendahulu Kim, Kim Jong Il, menikah dengan pejabat tinggi Korea Utara, Jang Song Thaek.

Jang dieksekusi pada 2013, atau dua tahun ketika Kim generasi ketiga berkuasa, atas tuduhan pengkhianatan, dilaporkan Metro Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Mengenal Ri Sol Ju, Istri Kim Jong Un yang Misterius...

Kim Jong Un yang masih menyayangi bibinya setelah mengeksekusi pamannya itu memutuskan memperlakukannya sebagai "tetua keluarga".

Halaman:

Sumber Metro
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X