Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2020, 15:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Metro

PYONGYANG, KOMPAS.com - Rumor kembali menggelayuti keluarga Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di mana kini sang istri, Ri Sol Ju, dikabarkan menghilang selama sembilan bulan.

Ri terakhir kali terlihat mendampingi suaminya itu pada Tahun Baru Imlek Januari lalu. Setelah itu, dia tak terlihat lagi batang hidungnya.

Bahkan, Ri disebut tidak hadir ketika Korea Utara menggelar parade militer untuk merayakan 75 tahun Partai Buruh pada 10 Oktober.

Baca juga: Jarang Tampil di Hadapan Publik, Istri Kim Jong Un Hamil?

Rumor pun berkembang di mana berdasarkan pemberitaan Daily NK, Ri Sol Ju tidak muncul selama sembilan bulan karena menderita penyakit.

Sementara pakar di Korea Selatan menyebut istri Kim Jong Un itu menghindar dari virus corona, di mana Korut mengeklaim tak melaporkan kasusnya.

Dikatakan dia memilih untuk menghindari pertemuan publik karena banyak orang tak mengenakan masker. Sehingga dia mencemaskan kondisi anak-anaknya.

Sumber yang ada di Korut sendiri meyakini Ri Sol Ju tidak pernah muncul di depan umum karena dia fokus mengurus bibi sang suami.

Kim Kyung Hee, adik bungsu ayah sekaligus pendahulu Kim, Kim Jong Il, menikah dengan pejabat tinggi Korea Utara, Jang Song Thaek.

Jang dieksekusi pada 2013, atau dua tahun ketika Kim generasi ketiga berkuasa, atas tuduhan pengkhianatan, dilaporkan Metro Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Mengenal Ri Sol Ju, Istri Kim Jong Un yang Misterius...

Kim Jong Un yang masih menyayangi bibinya setelah mengeksekusi pamannya itu memutuskan memperlakukannya sebagai "tetua keluarga".

Rumor lain yang berembus adalah Ri memilih fokus mengurus putrinya, dan mengajari mereka daripada mengirimnya ke sekolah.

Bocah itu diyakini lahir pada 2013, di mana berdasarkan keterangan legenda NBA Dennis Rodman yang sempat ke Pyongyang, namanya adalah Kim Ju Ae.

Baca juga: Sembilan Bulan Menghilang, Istri Kim Jong Un Muncul Kembali

Pakar menyuarakan keraguan atas klaim Pyongyang bahwa tidak ada kasus virus corona di negara mereka, seperti diumumkan Kim pada parade militer.

Di saat bersamaan, dia juga meminta maaf sambil menangis karena merasa gagal memberikan kesejahteraan kepada rakyatnya di tengah ekonomi yang sulit.

Sebab selain karena corona, ekonomi Korea Utara juga dihantam oleh sanksi internasional maupun berbagai bencana alam sepanjang tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Metro
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com