Berbulan-bulan Tidak Ganti Masker, Dokter Muda Meninggal karena Pendarahan Otak

Kompas.com - 09/10/2020, 20:49 WIB
Adeline Fagan (28) dokter muda yang tewas di Houston, Amerika Serikat, akibat pendarahan otak karena tak pernah mengganti masker N95-nya selama berbulan-bulan. FACEBOOK via DAILY MAILAdeline Fagan (28) dokter muda yang tewas di Houston, Amerika Serikat, akibat pendarahan otak karena tak pernah mengganti masker N95-nya selama berbulan-bulan.

HOUSTON, KOMPAS.com - Seorang dokter muda di Texas, Amerika Serikat ( AS), meninggal karena pendarahan otak yang salah satunya diakibatkan karena tidak pernah mengganti masker N95-nya selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, menurut keluarganya.

Dokter muda bernama Adeline Fagan (28) asal LaFayette, New York, itu 2 bulan mengidap Covid-19 karena tidak mengganti masker, yang mengakibatkan pendarahan otak parah.

Diberitakan Daily Mail Rabu (7/10/2020), Fagan merawat pasien positif virus corona di ruang gawat darurat HCA Houston Healtchcare West, dan ia tertular Covid-19 pada Juli.

Baca juga: Dapat Kritikan Warga, Polisi di New York Kini Wajib Pakai Masker

Keluarganya menyebut minimnya APD berpengaruh pada kematiannya, tapi tidak diketahui secara pasti bagaimana Fagan tertular virus bernama resmi SARS-CoV-2 tersebut.

"Adeline punya masker N95 dan namanya tertulis di atasnya," kata saudara perempuannya, Maureen (23) kepada The Guardian.

"Adeline memakai masker N95 yang sama selama berminggu-minggu, kalau tidak berbulan-bulan."

Baca juga: Dites Negatif Covid-19, Biden: Masker adalah Alat Kesehatan yang Penting

Menurut panduan Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), masker N95 bisa dipakai lagi paling banyak lima kali.

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X