Datang ke Lokasi Kebakaran California, Trump: Pohon Bisa Meledak

Kompas.com - 15/09/2020, 06:59 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat mendengarkan penjelasan normalisasi hubungan Bahrain-Israel di Oval Office Gedung Putih, Washington DC, Jumat (11/9/2020). AP PHOTO/ANDREW HARNIKPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat mendengarkan penjelasan normalisasi hubungan Bahrain-Israel di Oval Office Gedung Putih, Washington DC, Jumat (11/9/2020).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump menyebut pohon bisa meledak saat kebakaran hutan, karena saat tumbang jadi mirip korek api.

"Soal hutan, ketika pohon-pohon tumbang dalam waktu singkat, sekitar 18 bulan, menjadi sangat kering," kata Trump saat berkunjung ke California, lokasi kebakaran hutan di West Coast.

"Pohon-pohon itu benar-benar jadi seperti batang korek api... Meledak begitu saja," lanjutnya dikutip dari AFP Senin (14/9/2020).

Baca juga: Trump: AS dan Korea Utara Hampir Perang pada 2017

Presiden ke-45 AS itu sebelumnya pernah diolok-olok, karena menyatakan kebakaran hutan California mungkin disebabkan kurangnya "menyapu" tanah di hutan.

Tak pelak komentar terbarunya ini menimbulkan kebingungan dan memantik cemoohan masyarakat luas di media sosial.

Orang-orang menebak jangan-jangan Trump salah paham tentang efek kebakaran di pohon, yang mati kekeringan dan melemahkan pertahanan melawan hama.

Baca juga: Kebakaran California Ubah Langit Jadi Oranye, Warga: Rasanya Seperti Kiamat

Beberapa pohon seperti eukaliptus Australia memang dilaporkan kadang-kadang meledak oleh petugas pemadam kebakaran, karena getahnya memanas dan mengembang.

Sementara itu pohon yang membeku dilaporkan mengeluarkan suara seperti tembakan saat daun-daun serta ranting dan cabangnya patah ketika terbakar.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X