Iran: Damai dengan Israel, Masa Depan Berbahaya Menanti UEA

Kompas.com - 15/08/2020, 16:03 WIB
Garda Revolusi Iran. via Sky NewsGarda Revolusi Iran.

TEHERAN, KOMPAS.com - Garda Revolusi Iran bersumpah bahwa akan ada konsekuensi berbahaya bagi Uni Emirat Arab ( UEA) setelah mengumumkan kesepakatan untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

UEA adalah negara di teluk Arab pertama yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dan menjadi negara ketiga di Timur Tengah yang melakukan itu.

Garda Revolusi Iran menyebut kesepakatan itu sebagai perjanjian yang memalukan sekaligus tindakan jahat yang dijamin oleh AS sebagaimana dilansir dari Associated Press.

Pernyataan tersebut dilontarkan Garda Revolusi Iran melalui Sepah News pada Sabtu (15/8/2020).

Baca juga: PM Israel: Terima Kasih Mesir, Oman, dan Bahrain

Garda Revolusi Iran memperingatkan bahwa kesepakatan dengan Israel itu akan memperkuat pengaruh AS di Timur Tengah.

Mereka menambahkan kesepakatan itu akan membawa "masa depan yang berbahaya" bagi pemerintah UEA.

Presiden Iran Hassan Rouhani juga mengutuk tindakan UEA tersebut.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pemerintah pada Sabtu, dia memperingatkan bahwa UEA telah membuat kesalahan besar melalui kesepakatan yang dibuat dengan Israel.

Baca juga: Palestina Kutuk Perjanjian Damai UEA-Israel, Tarik Pulang Dubesnya

Rouhani memperingatkan kepada negara-negara di Teluk Arab agar tidak mengizinkan Israel memiliki "pijakan” di wilayah tersebut.

Pada Jumat (14/8/2020) Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyebut perjanjian itu adalah sebuah pengkhianatan yang menyakitkan terhadap Timur Tengah dan negara-negara lain di kawasan itu.

Presiden AS Donald Trump pada Kamis (13/8/2020) mengumumkan bahwa UEA dan Israel sepakat untuk berdamai dan menjalin hubungan diplomatik penuh.

Baca juga: Komunitas Yahudi UEA Anggap Perjanjian Israel-UEA Berbuah Perdamaian

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X