Masih Terikat Perjanjian, Iran Tegaskan Program Nuklirnya Jalan Terus

Kompas.com - 13/07/2020, 19:08 WIB
Ilustrasi Iran, bendera Iran ShutterstockIlustrasi Iran, bendera Iran

TEHERAN, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Iran menegaskan negaranya tidak akan terus menjalankan program nuklirnya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Sayed Abbas Mousavi, mengklaim Iran membuat kemajuan yang stabil pada program nuklirnya sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency, Senin (13/7/2020).

Mousavi mengatakan program nuklir Iran bergerak maju di bawah naungan Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) sekaligus mengklaim sesuai dengan komitmen perlindungan pengawas nuklir PBB ( IAEA).

Sebenarnya Iran meneken kesepakatan nuklir dengan Amerika Serikat ( AS) dengan dukungan Rusia, Perancis, Inggris, China, dan Jerman pada 2015.

Di bawah kesepakatan nuklir, Iran diharuskan membatasi kegiatan nuklirnya dan mengizinkan inspeksi internasional atas lokasi nuklirnya, sebagai imbalan atas pencabutan sanksi ekonomi.

Baca juga: Fasilitas Nuklir Iran Natanz Terbakar, Israel Diduga Pasang Bom

Iran hanya diizinkan untuk menginstal 5.060 alat pengaya uranium atau centrifuge di fasilitas nuklir utamanya di Natanz sampai 2026.

Selain itu, persediaan uranium Iran juga dikurangi hingga 98 persen.

Namun, AS secara sepihak menarik diri dari kesepakatan tersebut pada Mei 2018. Tak cukup sampai di situ, AS juga kembali menerapkan sanksi kepada Iran.

Sejak saat itu, Iran secara bertahap mulai mengurangi komitmennya dari kesepakatan nuklir Iran 2015.

Pada Januari, Iran mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menganggap dirinya terikat oleh perjanjian ihwal pembatasan pada program nuklirnya.

Baca juga: Disorot karena Fasilitas Nuklir Iran Terbakar, Israel Buka Suara

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X