Ini Rudal Javelin yang Digunakan Ukraina untuk Melawan Tank Rusia

Kompas.com - 09/07/2020, 16:45 WIB
Pasukan Amerika meluncurkan rudal Javelin Lockheed MartinPasukan Amerika meluncurkan rudal Javelin

KIEV, KOMPAS.com - Tensi di antara Ukraina dengan Rusia di wilayah Donbass, Ukraina, semakin meningkat.

Pihak rusia menyiagakan senjata berat dan tank di perbatasan sedangkan Ukraina bersiap menerjunkan tentaranya di garis depan yang dilengkapi rudal Javelin.

Dilansir dari situs resmi Lockheed Martin, rudal Javelin Javelin adalah rudal anti-tank portabel yang dipandu manusia dengan memanggulnya di bahu.

Rudal bikinan perusahaan joint ventur Lockheed Martin dengan Raytheon ini juga dikenal sebagai FGM-148.

Rudal ini memiliki dua mode serangan. Serangan pertama adalah rudal ditembakkan langsung ke target.

Baca juga: Ukraina Siapkan Rudal Javelin untuk Melawan Tank Rusia

Setelah rudal diluncurkan, Javelin akan memandu dirinya sendiri ke arah target. Hal itu memungkinkan operatornya agar segera berlindung.

Sedangkan pada mode serangan kedua, rudal Javelin diluncurkan ke atas lantas, lalu javelin akan menukik ke bawah dengan tajam.

Metode kedua ini sangat berguna untuk menyerang bagian atas tank yang biasanya merupakan bagian yang paling lemah.

Dilansir dari The Drive, rudal ini memiliki teknologi Command Launch Unit (CLU) dengan sistem pencitraan termal yang mampu memperbesar hingga 12 kali.

Teknologi ini memberikan kemampuan pengelihatan yang lebih baik saat malam hari dan dapat dilepas dari Javelin untuk digunakan secara terpisah.

Baca juga: Rusia Kerahkan Militer ke Perbatasan, Ukraina: Serangan Bisa datang Kapan Saja

Selain digunakan untuk meledakkan tank, rudal ini diklaim mampu meledakkan segala sesuatu mulai dari kendaraan lapis baja, pasukan yang bersembunyi, hingga pesawat terbang atau helikopter yang terbang rendah. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X