Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Kencing Selama 18 Jam, Kandung Kemih Pria Ini Robek

Kompas.com - 23/06/2020, 20:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang pria di China menderita robek kandung kemih, setelah dia diketahui minum bir dan kemudian tidak kencing selama 18 jam.

Pada awal Juni ini, lelaki bernama Tuan Hu itu dilaporkan meminum 10 gelas bir saat ke kota, dan kemudian tertidur pulas.

Pria berusia 40 tahun itu disebut terus tidur selama 18 jam dan tidak kencing setelah mengonsumsi cukup banyak minuman beralkohol itu.

Baca juga: Kencingi 2 Gadis yang Sedang Duduk, Pemuda Ini Ditangkap Polisi

Diberitakan Oddity Central Senin (22/6/2020), semua berawal ketika Hu bangun dari tidur, berdasarkan laporan medis dari dokter.

Dalam laporan bertanggal 18 Juni, dokter di Rumah Sakit Umum Zhuji, Zhejiang, menulis Hu mulai merasakan sakit di perut bagian bawah.

Ketika dia dibawa menggunakan ambulans, Hu merasakan rasa sakit hebat hingga dia bahkan tidak sanggup untuk sekadar berbaring.

Pemindaian MRI darurat segera dilakukan untuk mengungkap penyebab sakit Hu, di mana diketahui kandung kemih pria itu robek di tiga bagian.

Salah satu robekan dilaporkan membuat salah satu ususnya masuk ke kandung kemih, dan bisa menyebabkan kematian jika tak segera ditangani.

Jadi, Hu segera menjalani operasi darurat dengan tim bedah berhasil menutup luka di saluran kemihnya. Dia kini disebut berada dalam kondisi stabil.

Dokter memperingatkan meski tergolong langka, kasus yang menimpa Hu bisa saja terjadi pada siapa pun. Sebabnya, kandung kemih manusia itu fleksibel.

Organ itu bisa mengembang sesuai dengan jumlah cairan yang dikonsumsi, dengan kapasitasnya sekitar 450 sampai 500 mililiter.

Kemudian dalam kasus Hu, alkohol yang diminumnya nampaknya menekan organ yang memberikan sinyal supaya dia kencing dan membuang cairan berlebih.

Baca juga: Kencing Sembarangan, Pria Ini Dipenjara 14 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com