Militer Korea Utara "Siap Beraksi" Melawan Korea Selatan

Kompas.com - 16/06/2020, 12:53 WIB
Tank Tentara Rakyat Korea (KPA) berbaris dalam parade militer yang digelar dalam rangka peringatan 70 tahun berdirinya Korea Utara di Alun-alun Kim Il Sung, Pyongyang, Minggu (9/9/2018). AFP / ED JONESTank Tentara Rakyat Korea (KPA) berbaris dalam parade militer yang digelar dalam rangka peringatan 70 tahun berdirinya Korea Utara di Alun-alun Kim Il Sung, Pyongyang, Minggu (9/9/2018).

PYONGYANG, KOMPAS.com - Militer Korea Utara menyatakan, mereka "siap beraksi" melawan Korea Selatan, dalam ketegangan dua negara selama dua pekan terakhir.

Sejak akhir Juni, Pyongyang sudah melontarkan serangkaian serangan verbal ke Seoul buntut aktivitas para pembelot di perbatasan.

Para pembelot Korea Utara itu sering mengirim barang seperti USB berisi drama Korea Selatan, uang pecahan 1 dollar, dan pamflet melalui balon.

Baca juga: Ancam Korea Selatan, Korea Utara Bakal Kirim Militer ke Perbatasan

Dilansir AFP Selasa (16/6/2020), pamflet itu berisi kritikan terhadap Kim Jong Un yang dianggap melanggar HAM demi ambisi nuklir pribadinya.

Seoul sebenarnya sudah berusaha melarang mereka, karena khawatir aktivitas tersebut bisa memicu risiko warga yang berada di perbatasan.

Namun, Korea Utara menganggap negara tetangganya itu belum cukup menindak pembangkang, sehingga memberikan ancaman kepada Negeri "Ginseng".

Pekan lalu, pemerintah negeri komunis mengumumkan mereka berencana untuk memutus segala hubungan komunikasi dengan Korsel.

Analis menyatakan, Korut mungkin akan mengemas krisis itu untuk menekan Korsel, di tengah kolapsnya perundingan denuklirisasi dengan AS.

Dikutip kantor berita KCNA, Kantor Staf Jenderal Tentara Rakyat Korea (KPA) menyatakan bahwa hubungan dua Korea saat ini memburuk.

Baca juga: Korea Selatan Minta Korea Utara Pegang Teguh Perjanjian

Karena itu, tentara Korea Utara tengah "meninjau rencana" untuk "mengubah garis depan menjadi benteng", termasuk memasuki zona demiliterisasi (DMZ).

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X