Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegembiraan Anak-anak Spanyol Keluar Rumah Setelah 6 Pekan Lockdown

Kompas.com - 27/04/2020, 15:09 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

MADRID, KOMPAS.com - Setelah enam pekan hanya tinggal di rumah, anak-anak Spanyol akhirnya diizinkan keluar untuk bermain atau sekadar berjalan.

Kabar membahagiakan itu terjadi setelah pemerintah memutuskan untuk melonggarkan aturan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

Spanyol merupakan salah satu negara yang paiing parah terdampak virus corona, dengan korban meninggal mencapai lebih dari 23.000.

Baca juga: Korban Meninggal Covid-19 Lewati 20.000, Spanyol Perpanjang Lockdown hingga 9 Mei

Pada 14 Maret, Madrid memberlakukan lockdown ketat, di mana anak-anak sama sekali tidak boleh dibiarkan untuk keluar rumah.

Hanya orang dewasa yang bisa. itu pun dengan catatan mereka terpaksa bekerja, berobat, membeli kebutuhan harian, atau mengajak anjingnya jalan-jalan.

Pada Minggu (26/4/2020), generasi belia Spanyol akhirnya diizinkan keluar rumah, merasakan kebebasan setelah enam pekan lamanya hanya berdiam.

Mereka memanfaatkan "kemerdekaan" dengan bermain sepatu roda, bersepeda, atau mendorong kereta mainan. Mereka masih mengenakan masker sebagai perlindungan.

Baca juga: Aplikasi Astrologi Myanmar Laris Selama Lockdown

"Rasanya menyenangkan karena saya bisa keluar," kata Ricardo, bocah enam tahun di Madrid yang saat itu tengah bermain bersama adiknya.

Dia mengatakan, mereka bermain petak umpet dan berkejaran. "Kami menemukan kepik yang begit kami cari dan menaruhnya di antara semut," jelasnya.

Dilansir AFP, meski diizinkan keluar, sejumlah orangtua yang khawatir tetap memakaikan anak mereka msker sebagai bentuk perlindungan.

Miguel Lopez, ayah dua anak berusia enam dan tiga mengatakan, dia "mempersenjatai" buah hatinya itu dengan masker dan sarung tangan.

"Ini seperti waktu bermain bagi mereka. Ini adalah hal paling menyenangkan yang mereka alami selama sebulan terakhir," ujar Lopez.

Baca juga: Update Virus Corona Dunia 21 April: 2,4 Juta Orang Terinfeksi, Kabar dari Italia dan Spanyol

"Sangat bergairah"

Alvaro Paredes (7), dan adiknya yang berusia empat tahun Javier, mengungkapkan mereka begitu siap untuk memulai petualangan baru mereka.

Ibu mereka, Immaculata Paredes mengatakan, mereka bersiap untuk pergi sejauh 1 km selama 1 jam dengan sepeda atau skuter untuk berkeliling lingkungan dekat rumah.

"Mereka begitu bergairah. Sangat, sangat tidak sabar. Mereka sudah bangun sejak 06.30 dan berkata 'Kami akan keluar, kami akan keluar'," tutur Immaculata.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com