Kompas.com - 27/04/2020, 11:37 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Para pejabat Korea Selatan menyerukan kewaspadaan di tengah rumor yang berembus tentang kondisi Kim Jong Un.

Dengan maraknya rumor yang beredar bahwa Kim Jong Un mungkin sakit, para pejabat Korsel menegaskan mereka tidak mendeteksi pergerakan tidak biasa di Korea Utara.

Pada forum tertutup Minggu (26/4/2020), Menteri Unifikasi Korea Selatan Kim Yeon-chul yang mengawasi keterlibatan dengan Korea Utara mengatakan, pemerintah memiliki intelijen yang dengan yakin menyebut tidak ada situasi yang terjadi secara tidak biasa.

Baca juga: Asisten Senior Presiden Korsel: Kim Jong Un Masih Hidup dan Sehat

Rumor dan spekulasi tentang Kim Jong Un dimulai sejak Pemimpin Tertinggi Korea Utara itu tidak tampil di depan umum pada hari besar perayaan ulang tahun kakeknya yang juga pendiri Korea Utara tanggal 15 April, dan sejak itu belum terlihat lagi.

Media Korsel pekan lalu melaporkan, Kim Jong Un mungkin telah menjalani operasi jantung atau berada dalam isolasi untuk menghindari paparan Covid-19.

Pada Senin (27/4/2020), media pemerintah Korea Utara sekali lagi menunjukkan tidak ada foto baru Kim Jong Un atau mengabarkan keberadaannya.

Baca juga: Kim Jong Un Disebut Bersembunyi karena Pengawalnya Diduga Terinfeksi Virus Corona

Akan tetapi, mereka memberi laporan bahwa kakak Kim Yo Jong tersebut telah mengirim pesan terima kasih kepada para pekerja yang membangun sebuah resor wisata di kota Wonsan.

Beberapa media Korsel menyebutkan Wonsan adalah lokasi kemungkinan Kim Jong Un menetap saat ini.

Moon Chung-in penasihat kebijakan luar negeri Presiden Korsel Moon Jae-in mengatakan, pemerintah Korsel yakin Kim Jong Un masih hidup dan sehat.

Baca juga: Pejabat Korsel Sebut Kim Jong Un Masih Hidup dan Sehat

"Pemerintah kita yakin... Kim Jong Un masih hidup dan sehat."

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.