Akan Buka Sekolah Saat Wabah Corona, Gubernur Florida Dapat Peringatan

Kompas.com - 11/04/2020, 14:42 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendengarkan keterangan dari Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Anthony Fauci mengenai klorokuin, obat malaria yang dianggap bisa menyembuhkan virus corona, di Gedung Putih, Washington, pada 20 Maret 2020. AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/ALEX WONGPresiden Amerika Serikat Donald Trump mendengarkan keterangan dari Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Anthony Fauci mengenai klorokuin, obat malaria yang dianggap bisa menyembuhkan virus corona, di Gedung Putih, Washington, pada 20 Maret 2020.

TALLAHASSEE, KOMPAS.com - Dr Anthony Fauci, Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional Amerika Serikat (NIAID), menanggapi rencana Gubernur Florida Ron DeSantis tentang pembukaan sekolah pada Mei mendatang. 

Padahal, wabah virus corona alias Covid-19 masih mencatat angka infeksi di negara "Paman Sam" itu.

Fauci memperingatkan, "Jika Anda memiliki situasi di mana Anda tidak punya kendali nyata yang baik terkait wabah dan Anda mengizinkan anak-anak untuk terlibat (sekolah), mereka bisa terinfeksi."

Fauci menyampaikan peringatannya pada saat jumpa pers soal rapat harian virus corona di Gedung Putih bersama satuan tugas lainnya yang dipilih untuk menangani wabah Covid-19.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pejabat kesehatan ada pada saat jumpa pers rapat harian yang dilaksanakan pada Jumat (10/4/2020) kemarin.

Baca juga: Di Tengah Virus Corona, Pentagon: Jangan Pernah Coba-coba dengan Kami

 

Menurut Trump dan pejabat kesehatan lain, rencana DeSantis akan membuka peluang penularan besar di kalangan anak-anak.

Fauci mengaku peringatannya keluar ketika seorang wartawan bertanya soal rencana DeSantis yang pada Kamis (9/4/2020) mengatakan kalau sekolah akan dibuka pada Mei masih sebatas pertimbangan.

DeSantis sendiri berkata pada rapat singkat dengan Departemen Komisi Pendidikan Richard Corcoran di Florida,"Kita akan lihat dulu bukti nyata (dari penutupan akibat wabah) dan baru membuat keputusan. Jika aman, kami ingin anak-anak bisa bersekolah (lagi)."

Direktur komunikasi untuk DeSantis, Helen Aguirre Ferré mengatakan bahwa administrasi DeSantis masih meninjau penutupan sekolah dan belum ada keputusan apa pun sejauh ini.

Menurut Ferré,"Keamanan dan kenyamanan anak-anak di sekolah, para guru, dan pegawai akan menjadi faktor penting utama yang menentukan."

Baca juga: Ancam Potong Dana untuk WHO, Trump Akan Umumkan Jumlahnya Minggu Depan

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Politico
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X