Seperti Apa Dampak Wabah Virus Corona bagi Konflik Timur Tengah?

Kompas.com - 05/04/2020, 14:50 WIB
Seorang anak perempuan tengah menggendong bayi dengan di sebelah mereka, terbaring bocah laki-laki yang terluka setelah serangan udara di Idlib, Suriah, pada 11 Februari 2020. AFP/ABDULAZIZ KETAZSeorang anak perempuan tengah menggendong bayi dengan di sebelah mereka, terbaring bocah laki-laki yang terluka setelah serangan udara di Idlib, Suriah, pada 11 Februari 2020.

SANAA, KOMPAS.com - Virus corona yang tengah mewabah, menjangkiti hampir 1,2 juta orang di seluruh dunia dikhawatirkan berdampak pada konflik di Timur Tengah.

PBB melalui Sekretaris Jenderal Antonio Guterres menyerukan adanya gencatan senjata, dengan peringatan puncak wabah bisa segera datang.

Dilansir AFP Minggu (5/4/2020), berikut merupakan sejumlah dampak di negara Timur Tengah yang mengalami konflik sejak pandemi virus corona.

Baca juga: Pemuka Agama di Timur Tengah Beradaptasi demi Hadapi Virus Corona

1. Suriah

Pandemi Covid-19 terjadi ketika Rusia dan Turki, dua kekuatan utama dalam konflik berusia sembilan tahun, sepakat gencatan senjata.

Sekitar tiga juta orang yang hidup di kawasan barat daya Idlib, lokasi gencatan, awalnya pesimistis kesepakatan ini bakal berlangsung lama.

Tetapi wabah yang menyebar begitu cepat di seantero Suriah membuat kesepakatan penurunan senjata di kedua negara belum ada tanda dibatalkan.

Organisasi Pemantau HAM Suriah menyatakan pada Maret, mereka mencatatkan 103 korban tewas di pihak sipil, terendah sejak konflik terjadi pada 2011.

Baca juga: Kilang Minyaknya Diserang, Koalisi Arab Saudi Lancarkan Operasi Militer ke Yaman

Kemampuan sejumlah otoritas, mulai dari Damaskus, Kurdi di timur laut, hingga aliansi jihadis di Idlib untuk mencegah wabah bakal menjadi pertaruhan kredibilitas mereka.

"Wabah ini menjadi jalan bagu Damaskus untuk menunjukkan mereka lebih efisien, dengan semua wilayah harus kembali pada mereka," ucap analis Fabrice Balanche.

Tetapi, upaya pemerintahan Presiden Bashar al-Assad membutuhkan perginya militer AS baik dari Suriah maupun negara tetangga, Irak.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X