Racik Vaksin Corona, Johnson & Johnson Mulai Uji Coba pada September

Kompas.com - 31/03/2020, 07:46 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Senin (30/3/2020) Johnson & Johnson mengatakan akan mulai menguji coba kandidat vaksin virus corona pada September 2020, dan siap untuk digunakan darurat awal tahun depan.

Perusahaan farmasi ini telah menandatangani perjanjian dengan Otoritas Penelitian dan Pengembangan Biomedis Lanjutan dari pemerintah Amerika Serikat (AS), dengan nilai investasi 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 16,3 triliun).

Angka tersebut merupakan proyek vaksin terbesar meski perusahaan raksasa farmasi di AS ini belum memulai uji klinis seperti yang dilakukan perusahaan lainnya.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Kantor Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Asisten Sekretaris untuk Persiapan dan Respons AS (ASPR) pada Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Kabar Baik di Tengah Wabah Corona: AS Jalin Kerja Sama dengan Johnson & Johnson untuk Vaksin Covid-19

Johnson & Johnson mulai meracik vaksin Covid-19 pada Januari, menggunakan teknologi yang sama untuk mengembangkan kandidat vaksin Ebola.

Paul Stoffels kepala petugas ilmiah perusahaan itu mengatakan, timnya telah menggabungkan virus flu biasa yang tidak dapat ditiru dengan bagian-bagian dari virus corona.

Hasil dari eksperimen ini diharapkan dapat memicu respons kekebalan manusia.

Baca juga: Kapan Vaksin Corona atau Covid-19 Siap Diedarkan?

"Kami memiliki beberapa kandidat vaksin yang kami uji pada hewan untuk memilih yang terbaik, yang membutuhkan waktu 12 minggu, dari 15 Januari hingga hari ini," kata Stoffels dikutip dari AFP.

Mereka juga harus mengevaluasi kandidat vaksin mana yang dapat ditingkatkan.

"Untuk memastikan di satu sisi itu berhasil, dan di sisi lain kita dapat menghasilkan banyak," tambahnya.

Baca juga: Berikut 14 Vaksin Virus Corona yang Memasuki Tahap Uji Coba

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X