Tindakan Radikal Inggris Atasi Virus Corona Akan Berlaku jika Kasus Infeksi Meningkat

Kompas.com - 18/03/2020, 06:35 WIB
Boris Johnson WikipediaBoris Johnson

LONDON, KOMPAS.com - Konferensi pers berita harian virus corona pertama kali diselenggarakan pada Senin (16/3/2020) berdasarkan laporan BBC Araby.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa tindakan radikal diperlukan ketika situasi di Inggris mendekati bagian grafik yang meningkat cepat dari jumlah kasus epidemi.

Di dalam konferensi harian itu, Johnson menegaskan beberapa hal terkait pencegahan virus corona:

Baca juga: China Hanya Laporkan 1 Kasus Domestik Virus Corona, Sisanya Impor

Pertama, setiap orang di Inggris harus menghindari perjalanan yang kurang penting. Dan untuk tidak melakukan kontak (sentuh fisik) dengan orang lain demi mencegah penularan virus.

Kedua, semua orang harus bekerja dari rumah jika memungkinkan. Hal itu memang dianggap sebagai suatu upaya yang masih sulit dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga, wanita hamil dan orang berusia lanjut (di atas 70 tahun) dan memiliki kondisi kesehatan tertentu harus mempertimbangkan pedoman pencegahan virus corona. Mereka juga diminta untuk mengisolasi diri selama beberapa hari.

Meski begitu, arahan Johnson untuk wanita hamil keluar saat laporan medis mengatakan belum ada bukti menunjukkan komplikasi negatif bagi wanita hamil dengan virus corona.

Baca juga: Lawan Virus Corona, Iran Bebaskan 85.000 Tahanan

Pada Selasa (17/3/2020), angka kematian pertama di County Wales karena virus corona menyumbang laju angka korban meninggal menjadi 55 orang.

Johnson juga menambahkan bahwa lau pada akhir pekan depan, orang-orang dengan kondisi kesehatan serius harus mulai mengisolasi diri mereka. Selain itu, juga harus mengurangi kontak sosial selama 12 pekan.

Adapun penasihat ilmiah Inggris, Sir Patrick Vallance, mengatakan bahwa langkah-langkah lain mungkin diperlukan seperti penutupan sekolah di beberapa titik.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Sumber BBC Arab
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.