Seorang Lansia 64 Tahun Jadi WNI Terbaru Positif Virus Corona di Singapura

Kompas.com - 15/03/2020, 13:59 WIB
Petugas melakukan pemantauan suhu tubuh pengunjung di pintu masuk Gardens by the Bays Cloud Forest, sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus corona di Singapura. Foto diambil pada Jumat (6/3/2020). LORIENE PERERA/REUTERSPetugas melakukan pemantauan suhu tubuh pengunjung di pintu masuk Gardens by the Bays Cloud Forest, sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus corona di Singapura. Foto diambil pada Jumat (6/3/2020).

SINGAPURA, KOMPAS.com – Jumlah Warga Negara Indonesia ( WNI) yang terinfeksi virus corona di Singapura bertambah menjadi 8 orang.

Terbaru, seorang lansia pria berusia 64 tahun diumumkan sebagai kasus 212 di "Negeri Singa”.

Dalam siaran pers Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) yang diterima Kompas.com Sabtu malam (14/3/2020) tertera korban dinyatakan positif mengidap Covid-19 pada Sabtu pagi.

Pasien itu sekarang dirawat di ruang isolasi di National Centre for Infectious Diseases (NCID).

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Vietnam dan Singapura Contoh dalam Perlawanan Virus Corona

Singapura bantah tolak berbagi informasi

MOH membantah telah menolak berbagi informasi mengenai WNI yang terjangkit Covid-19 di Singapura.

“Singapura telah membagikan informasi kepada Indonesia melalui saluran resmi di mana Singapura dan Indonesia adalah sama-sama negara anggota Regulasi Kesehatan Internasional (IHR) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).”

Demikian bunyi pernyataan MOH yang dikutip dari Channel News Asia akhir pekan ini.

Baca juga: Total 8 WNI Positif Covid-19 di Singapura, 1 di Antaranya Sembuh

Dalam hal ini, saluran resmi Indonesia adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang telah menerima data-data dari MOH mengenai pasien positif virus corona di "Negeri Merlion”.

Bantahan ini merupakan respons MOH terhadap kritikan Juru Bicara Pemerintah Urusan Covid-19 Dr Achmad Yurianto.

Dia mengatakan Singapura menahan identitas dan informasi penting lainnya mengenai WNI. Akibatnya Kemenkes kesulitan melakukan penelusuran.

Baca juga: Menhub Positif Corona, Kemenkes Telusuri Dugaan Penularan ke Pejabat Lain

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X