Legenda Ini Jadi Alasan Kenapa Trenggiling Marak Dijual Ilegal

Kompas.com - 14/03/2020, 17:53 WIB
Trenggiling ShutterstockTrenggiling

KOMPAS.com - Trenggiling bersisik adalah spesies nokturnal yang dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis.

Dari delapan spesies trenggiling, salah satunya berasal dari Malaysia, yaitu trenggiling Sunda atau dikenal dengan nama ilmiahnya sebagai Manis javanica.

Trenggiling atau dalam bahasa Inggris disebut pangolin, dan di Malaysia disebut tenggiling artinya sesuatu yang terus berguling-guling.

Dilansir dari The Star, di Asia, hewan trenggiling kerap dijual secara ilegal karena masyarakatnya percaya ada keterkaitan antara hewan yang gemar menggulung tubuhnya ini dengan manusia.

Sisik dari trenggiling dianggap mujarab dan sering dijadikan obat tradisional bagi masyarakat China. Sementara dagingnya yang konon dianggap bernutrisi dan lezat kerap dimasak dalam hidangan sup. Tidak hanya warga Asia yang menyukai daging trenggiling. Hewan ini juga akrab di kalangan masyarakat Nigeria, Afrika.

Baca juga: Penelitian di China Sebut Trenggiling Inang Perantara Virus Corona

Trenggiling dalam literatur folklor rakyat Malaysia

Spesies trenggiling sunda rupanya terdapat dalam literatur folklor masyarakat Malaysia. Dikutip dari Rage.com.my, legenda tentang trenggiling disadur dari beberapa cerita asli Malaysia seperti Trenggiling Sunda, Khazanah Alam Malaysia karya Bu Chong Ju Lian dan Muhammad Hafiz Sulaiman.

Juga Kisah-kisah Haiwan Orang Asli oleh Lim Boo Liat dan Flying Lizards and Other Orang Asli Legends and Tales oleh Colin Nicholas.

Di dalam legenda masyarakat Malaysia, diceritakan bahwa pada suatu hari di zaman dahulu, seekor trenggiling sedang tidur meringkuk di tengah hutan. Dia sedang bermimpi memakan banyak semut dengan lidah panjangnya di siang hari.

Tidak disangka, seekor gajah yang sedang panik dan berlari di tengah hutan nyaris menginjak si kecil trenggiling.

Karena sang gajah merasa jalannya dihalangi oleh hewan kecil itu, ia pun menjulurkan belalainya, bermaksud menyingkirkan si trenggiling.

Baca juga: Virus Corona, Tahanan Palestina Takut Berada di Penjara Israel yang Kotor dan Sesak

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X