Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Tunangan Kritis, Wanita Ini Nekat Nikah di Rumah Sakit

Kompas.com - 29/02/2020, 13:57 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

CAMBRIDGE, KOMPAS.com - Pernikahan antara Liam Hanrahan dan Sarah Cousins menjadi momen paling berkesan. Pasalnya, pernikahan itu dilakukan di ruang perawatan kritis Rumah Sakit Royal Papworth Cambridge, Inggris, pada Kamis (27/2/2020).

Pasangan Liam dan Sarah menikah dalam upacara pernikahan sipil yang dihadiri kedua ibu kandung mereka dan dua anak Sarah, yaitu Leon dan Lyle.

Perawat Liam, Jenny Beckett, juga turut menghadiri pernikahan tersebut, begitu pun staf rumah sakit lainnya dan kerabat mempelai.

Baca juga: 6 Manfaat Kacang Hijau, untuk Kesehatan Jantung sampai Ibu Hamil

Video mengharukan yang diunggah di media sosial terkait pernikahan Liam dan Sarah telah ditonton dan dikomentari ribuan orang. Mereka menyampaikan rasa haru dan mengagumi cerita cinta Liam dan Sarah.

Selama prosesi pernikahan berlangsung, mesin pompa darah berjalan untuk mengalirkan darah Liam ke jantung dan seluruh tubuhnya.

Kepada Daily Mirror, Sarah (32) menceritakan bahwa Liam sudah dirawat sejak pertengahan Januari lalu. Mulanya dia dirawat di Rumah Sakit Princess Alexandra di Harlow.

"Dari sana, Liam dipindahkan ke Royal Papworth. Kami telah bertunangan juga sebelumnya di sini pada 1 Februari. Segalanya terasa begitu cepat."

Sarah menjelaskan kalau sebenarnya saat ini Liam tengah menunggu transplantasi jantung. Mereka berpikir untuk menunggu proses transplantasi sebelum melakukan pernikahan.

"Namun, kondisi Liam membuat kami berpikir, hidup sangat singkat, jadi lakukan saja (menikah)" tambahnya.

Para perawat yang merawat Liam di rumah sakit tersebut juga dianggap luar biasa. Sarah berpikir, kalaupun mereka melakukan pernikahan di luar rumah sakit, mereka akan tetap mengundang para perawat itu.

Pernikahan dapat terwujud karena bantuan dari tim perawat yang juga menyediakan kue, bunga, dan makanan dalam pemberkatan yang diselenggarakan di kapel rumah sakit.

Pernikahan Liam dan Sarah juga diisi dengan acara pemberkatan dari kapel rumah sakit dan multifaith area, yang diselenggarakan oleh Chaplain Revd Anthony Gill.

Pasangan Liam dan Sarah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang dan pihak-pihak yang membuat pernikahan mereka menjadi mungkin dilakukan secara singkat.

Rumah Sakit Royal Papworth adalah rumah sakit khusus jantung dan paru-paru di Inggris. Rumah sakit ini pernah menyukseskan operasi transplantasi jantung pertama kali pada 1979 dan kini banyak melakukan tranplantasi jantung, juga paru-paru, tiap tahunnya dibandingkan rumah sakit lain di Inggris.

Baca juga: 6 Manfaat Berenang Bagi Tubuh, Atasi Obesitas hingga Sehatkan Jantung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com