Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AS Tak Mau Disebut Terapkan Standar Ganda pada Rusia dan Israel

Dia menyatakan bahwa pemeriksaan atas tuduhan tersebut sedang berlangsung.

"Secara umum, ketika kita melihat HAM dan kondisinya seluruh dunia, kita menerapkan standar yang sama untuk semua orang. Hal itu tidak berubah apakah negara tersebut adalah musuh, pesaing, teman atau sekutu," ujar Antony Blinken dalam sebuah konferensi pers saat mengumumkan laporan tahunan HAM.

Dilansir dari Guardian, Blinken mengatakan bahwa dalam hal pelanggaran hukum humaniter internasional dan HAM ada proses yang sedang berlangsung untuk melihat insiden-insiden yang telah diangkat. 

Dia menolak untuk menjelaskan kapan proses-proses tersebut dapat menghasilkan penilaian yang pasti.

Tindakan militer Israel semakin mendapat sorotan karena pasukannya telah menewaskan 34.000 warga Palestina di Gaza yang terkepung, menurut otoritas kesehatan daerah kantong tersebut.

Banyak di antaranya adalah warga sipil dan anak-anak. Gaza telah berubah menjadi gurun pasir, dan kekurangan pangan yang ekstrem telah memicu kekhawatiran akan terjadinya kelaparan.

Kelompok-kelompok HAM telah menandai sejumlah insiden yang membahayakan warga sipil selama serangan tentara Israel di Gaza, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap meningkatnya kekerasan di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Catatan kementerian kesehatan Palestina menunjukkan bahwa pasukan atau pemukim Israel telah menewaskan sedikitnya 460 orang Palestina sejak serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober.

Kementerian Luar Negeri AS dalam laporan hak asasi manusia tahun 2023 tentang Israel mengatakan bahwa perang dengan Hamas telah memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap situasi hak asasi manusia di Israel.

Mengutip berbagai tuduhan seperti pembunuhan sewenang-wenang atau melanggar hukum, penghilangan paksa, penyiksaan, dan penangkapan wartawan yang tidak dapat dibenarkan.

Namun, sejauh ini pemerintahan Biden mengatakan bahwa mereka tidak menemukan Israel melanggar hukum internasional.

Para pendukungnya telah mengajukan pertanyaan tentang standar ganda dengan mengatakan bahwa Washington dengan cepat mengutuk tindakan, misalnya, Rusia dalam invasinya ke Ukraina, namun pemerintahan Biden telah berhati-hati untuk tidak bertindak terlalu jauh dalam mengkritik Israel.

Menanggapi kritik tersebut, Blinken mengatakan bahwa AS tak pernah punya standar ganda.

https://www.kompas.com/global/read/2024/04/23/120000070/as-tak-mau-disebut-terapkan-standar-ganda-pada-rusia-dan-israel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke