Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Psikiater Israel Ungkap Kondisi Mental Para Sandera Hamas Setelah Dibebaskan

Renana Eitan, kepala psikiatri di pusat medis Ichilov Tel Aviv, mengatakan para sandera telah mengalami pelecehan dan trauma terburuk yang pernah ia saksikan dalam kariernya.

Di antara 14 sandera yang dibebaskan dan dirawat di pusatnya, katanya, adalah sandera anak-anak yang telah dibius oleh penculiknya.

Dilansir dari Guardian, ada pula yang mengalami atau menyaksikan pelecehan seksual. Pun juga saat ada sandera yang ditahan dalam ruangan dengan kegelapan total selama berhari-hari.

“Saya pikir saya telah menangani kasus-kasus paling parah yang pernah ada, namun dengan pasien-pasien yang berasal dari penangkaran ini, kami tidak dapat mempercayai tingkat kekejaman seperti itu,” kata Eitan. “Sebagian besar sandera yang kembali mengalami penganiayaan fisik dan mental yang sangat parah … Kami tahu bahwa perjalanan mereka masih panjang.”

Dari 14 sandera yang dirawat oleh tim Eitan, sembilan di antaranya berusia di bawah 18 tahun dan dua di bawah 10 tahun.

Sebagian besar memerlukan perawatan jangka panjang karena trauma. Beberapa dari mereka telah pergi ke fasilitas lain di seluruh negeri.

Eitan mengatakan enam orang masih menerima perawatan psikiatris dan psikologis yang sangat intensif di pusat Ichilov.

Eitan mengatakan cuplikan berita tentang reuni yang menggembirakan ketika 120 sandera dibebaskan pada minggu terakhir bulan November menutupi kenyataan mendasar yang lebih gelap.

“Awalnya saat mereka kembali, mereka tampak sangat bahagia dan lega. Dan kami juga sangat optimis,” ujarnya. “Anda mungkin pernah melihat video anak-anak berlari ke pelukan ayahnya."

“Tetapi setelah satu atau dua hari, kami melihat sisi lain dan kami menyadari bahwa mereka mengalami mimpi buruk yang parah, mereka memiliki ingatan yang mengganggu, mereka sangat, sangat ketakutan," ujarnya.

"Beberapa dari mereka menolak untuk meninggalkan ruangan, dan mereka mengalami gejala disosiatif yang parah, di mana suatu saat mereka mengetahui bahwa mereka kembali ke Israel, di rumah sakit, dan saat berikutnya mereka takut bahwa mereka masih berada dalam tahanan Hamas," tambahnya.

Eitan mengatakan anak-anak di antara kelompok sandera yang dirawat di pusat penahanannya semuanya telah diberi ketamin atau benzodiazepin di penangkaran.

https://www.kompas.com/global/read/2023/12/28/161500970/psikiater-israel-ungkap-kondisi-mental-para-sandera-hamas-setelah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke