Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UPDATE Kapal Migran Karam di Italia, 63 Orang Tewas, PM Meloni Tulis Surat

ROMA, KOMPAS.com - Tim penyelamat menemukan empat mayat lagi dalam kecelakaan kapal migran karam di laut lepas pantai Italia pada Senin (27/2/2023).

Dengan ini, jumlah korban tewas dalam kecelakaan kapal tersebut naik menjadi 63 orang, termasuk sedikitnya 14 anak-anak.

Sebelumnya, para pejabat Italia mengumumkan, sedikitnya 59 migran tewas setelah kapal kayu yang mereka tumpangi mulai retak pada hari Minggu (26/2/2023). Beberapa mayat ditemukan terdampar di sebuah resor di wilayah Calabria.

Dikutip dari Reuters pada Selasa (28/2/2023), tim penyelamat membeberkan, sebagian besar migran berasal dari Afghanistan.

Otoritas setempat mengatakan, sebanyak 81 orang selamat dari bencana tersebut.

Namun, jumlah penumpang kapal diyakini mencapai 180 hingga 200 orang ketika berangkat dari Izmir di Turkiye barat.

Hal ini memungkinkan ada lebih banyak penumpang yang tewas atau hilang.

Seruan Italia

Setelah insiden kapal migran karam ini, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni mengaku telah menulis surat kepada lembaga-lembaga Uni Eropa.

Dia menyerukan tindakan segera oleh blok tersebut untuk menghentikan perjalanan kapal migran guna mencegah lebih banyak kematian terjadi di masa depan.

"Semakin banyak orang pergi, semakin besar risiko kematian," kata dia berbicara kepada televisi publik RAI.

"Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini secara serius, dengan kemanusiaan, adalah dengan menghentikan keberangkatan," ucap dia.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Piantedosi, menuai kecaman luas setelah dia menyalahkan para migran serta penyelundup, karena melakukan perjalanan laut yang berbahaya bersama keluarga mereka.

"Menteri Piantedosi yang terhormat, jika seorang ibu memilih untuk menempatkan anaknya, barang paling berharga yang dia miliki, di atas kapal, itu karena dia melarikan diri dari bahaya dan keputusasaan yang lebih besar," kritik Raffaella Paita, seorang senator dari partai sentris Italia Viva kepada Mendagri Italia.

"Akan bijaksana untuk berpikir sebelum berbicara. Kamu tidak memiliki kemanusiaan," tambahnya.

https://www.kompas.com/global/read/2023/02/28/065900270/update-kapal-migran-karam-di-italia-63-orang-tewas-pm-meloni-tulis-surat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke