Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Dewan Eropa Akui KTT G20 Indonesia Paling Berat

Michel menuturkan, KTT G20 Bali adalah yang paling berat dalam sejarah. Pasalnya, Rusia sebagai salah satu anggota G20 terang-terangan menyerang Ukraina.

Hal tersebut membuat jalinan persahabatan dalam G20 menjadi retak. Apalagi, Michel menegaskan bahwa Rusia adalah anggota Dewan Tetap Dewan Keamanan PBB.

“Ini adalah G20 paling berat dalam sejarah. Saya sampaikan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kepemimpina yang bijak,” tutur Michel dalam konferensi pers di Media Center G20, Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali.

Michel melanjutkan, perhetalan G20 2022 berbeda dengan tahun lalu di Italia yang berlangsung lebih hangat, karena invasi Rusia ke Ukraina belum terjadi.

Ditanya soal foto bersama seperti KTT G20 tahun-tahun sebelumnya, Michel menjawab itu bukan wewenangnya untuk menjawab.

Kemudian, terkait komunike final bersama antara kepala negara, Michel mengakui bahwa saat ini situasinya memang tidak mudah.

Kendati demikian, sejumlah komunike di tingkat sherpa sudah ada. Michel mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan pencapaian yang tinggi.

“Komunike di level sherpa positif. Ini perlu dikonfirmasi ke tingkat pemimpin tertinggi,” papar Michel.

Pada Senin (14/11/2022), Presiden Jokowi mengatakan kepada Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen bahwa Presidensi G20 saat ini memang yang terberat dalam sejarah.

Meski begitu, Jokowi meyakini semua halangan bisa diatasi bersama, sebagaimana dikutip dari tayangan akun YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam rilis yang diterima KOMPAS.com dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi turut meminta Komisi Eropa dan G7 untuk memberikan dukungan serta fleksibilitas agar KTT G20 2022 bisa menghasilkan deklarasi.

“Saya ingin hasil kerja konkret G20 yang ditunggu dunia tetap dapat dihasilkan. Sekali lagi dukungan Yang Mulia akan sangat dihargai,” ucap Jokowi kepada von der Leyen.

Von der Leyen mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam G20 yang terus berupaya merumuskan solusi bersama terhadap krisis global.

Di KTT G20, Indonesia dipandang sebagai mitra terpercaya dalam berbagai isu strategis termasuk energi terbarukan dan keamanan pangan.

 

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/15/082500570/presiden-dewan-eropa-akui-ktt-g20-indonesia-paling-berat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke