Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Surat Inspeksi Alat Kelamin Gegerkan SMK Malaysia, Ini Penjelasan Pihak Sekolah

Di dalam surat itu tertulis bahwa para siswa laki-laki wajib menjalani pemeriksaan alat kelamin.

Surat yang berlogo MoE (Kemendiknas Malaysia) tersebut menginformasikan siswa laki-laki Form 5 wajib melakukan pemeriksaan penis sesuai Kode Kesehatan 6.9. Siswa yang tidak melapor ke pemeriksaan tidak akan diberikan izin mengikuti ujian SPM 2020.

“Pemeriksaan penis tahun ini akan berlangsung pada Rabu, 20 Maret 2019 saat Sidang,” bunyi surat itu dikutip dari World of Buzz, Jumat (17/6/2022).

“Semua laki-laki yang disunat harus melapor ke Bilik Disiplin (280), dan semua laki-laki yang belum disunat harus melapor ke Bilik Media (273)."

"Hanya akan ada SATU tanggal pemeriksaan pada hari Rabu, 20 Maret 2019 pukul 8.00 pagi. Jika Anda tidak dapat hadir, pejabat distrik dapat mengatur untuk bertemu dengan Anda sesuai waktu yang diinginkan,” bunyi pemberitahuan itu.

Surat tersebut juga menegaskan bahwa semua alat kelamin harus berada dalam kondisi 'bersih dan teratur' untuk pemeriksaan.

  • Saat Siswa Sekolah di Australia Nyanyikan “Selamat Ulang Tahun” untuk Presiden Jokowi…
  • Foto-foto Para Siswi dan Siswa Ukraina Rayakan Kelulusan di Reruntuhan Bangunan Sekolah
  • China Tulis Ulang Sejarah Hong Kong, Buku Sekolah Tak Akui Kolonialisme Inggris atas Kotanya

Penjelasan pihak sekolah

Asisten senior administrasi sekolah yaitu Muhammad Asri Heman baru-baru ini mengklarifikasi bahwa itu adalah prank oleh siswa Form 5 (tingkatan setara SMA di Indonesia).

Berdasarkan laporan Sinar Daily, Asri menginformasikan bahwa siswa tersebut menyebarkan "surat" secara online untuk alasan yang tidak diketahui.

Dia juga menjelaskan, baik pihak sekolah maupun kementerian tidak pernah melakukan pemeriksaan seperti itu pada siswa.

Asri pun menambahkan, para siswa Form 5 sampai cemas saat buang air di kamar kecil karena khawatir akan ada yang memeriksa alat kelaminnya.

“Siswa itu diskors. Sudah ditindak,” kata Asri dan memastikan bahwa insiden itu sudah diselesaikan.

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/25/210600570/surat-inspeksi-alat-kelamin-gegerkan-smk-malaysia-ini-penjelasan-pihak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke