Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tangani Covid-19 Varian Omicron, Inggris Perketat Prokes dan Pembatasan

Sejauh ini ada tiga kasus varian Omicron yang diumumkan otoritas kesehatan Inggris.

Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan, kewajiban mengenakan masker akan berlaku lagi di toko-toko dan transportasi umum mulai Selasa (30/11/2021).

Namun, para keluarga diminta tetap merayakan Natal "seperti biasa" meski ada pengetatan aturan.

Juga berlaku pada Selasa 30 November, situs web pemerintah menginstruksikan semua penumpang yang memasuki Inggris untuk melakukan tes PCR dua hari setelah kedatangan mereka, dan mengisolasi diri sampai menerima hasil negatif.

Kasus ketiga varian Omicron dikonfirmasi pada Minggu oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris, tetapi dikatakan orang tersebut telah meninggalkan negara itu usai mengunjungi daerah Westminster di London yang merupakan lokasi parlemen, setelah melakukan perjalanan dari selatan Afrika.

Badan itu mengatakan, "Sangat mungkin kami akan menemukan lebih banyak kasus dalam beberapa hari mendatang ... karena kami meningkatkan deteksi kasus melalui pelacakan kontak terfokus," dikutip dari AFP.

Sementara itu British Airways mengatakan, mereka mengambil keputusan sulit untuk menangguhkan penerbangan ke Hong Kong setelah seorang kru dinyatakan positif Covid-19, usai negatif meninggalkan Inggris.

Penerbangan dari dan ke Hong Kong juga dikurangi drastis karena pengetatan pembatasan Covid-19.

Boris Johnson banyak dikritik karena kebijakan perjalanan dan karantinanya di awal pandemi, ketika ia membiarkan perbatasan Inggris tetap terbuka bahkan saat kasus Covid-19 melonjak, sehingga menjadikan Inggris salah satu negara dengan kematian per kapita terburuk di dunia akibat Covid-19.

Pemerintah secara kontroversial juga mencabut kewajiban memakai masker pada Juli, sementara administrasi devolusi di Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara mempertahankannya.

Keempat negara Inggris Raya diharapkan mengadopsi aturan PCR yang sama setelah Inggris kembali menyimpang pada Juli, dengan hanya mensyaratkan tes sederhana untuk penumpang pesawat, kapal, dan kereta api.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/29/114520170/tangani-covid-19-varian-omicron-inggris-perketat-prokes-dan-pembatasan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke