Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Curhat Warga Afghanistan Hanya Dapat "Secuil" Makanan di Pengungsian AS

Dalam unggahannya di Twitter pada Kamis (2/9/2021), tampak Ahmadi hanya mendapat beberapa suwir ayam kecil, sedikit potong buah, dan roti.

Makanan itu didapatnya saat tinggal di fasilitas militer Fort Bliss, kota El Paso, negara bagian Texas, AS.

"Bukan mengeluh, tapi ini yang kudapat saat makan tadi malam, dan makanan berikutnya diberikan 12 jam kemudian," tulis Ahmadi di Twitter.

"Kehidupan pengungsi mungkin aman tapi tidak pernah mudah dan menguntungkan," lanjutnya.

Dalam wawancara dengan The Independent yang diterbitkan pada Sabtu (4/9/2021), Ahmadi bercerita bahwa dia mengungsi bukan untuk mencari kehidupan yang lebih baik, karena dirinya sendiri sudah hidup layak di Kabul, ibu kota Afghanistan.

"Inti dari twit itu bukan untuk mengeluh, menjadi sangat kritis," kata Ahmadi kepada The Independent.

"Saya menggambarkan kondisi pengungsi Afghanistan yang berada dalam situasi yang tidak pernah mereka inginkan."

"Saya memiliki pekerjaan yang cukup bagus di Kabul. Kehidupan saya layak. Saya berkeluarga," ujarnya menambahkan.

"Saya terpaksa melarikan diri dari Afghanistan. Kalau saya memiliki lebih banyak ruang (di Twitter), saya akan menambahkan lebih banyak penjelasan - karena saya ingin mengatakan bahwa inilah kehidupan pengungsi. Dan kita harus bersabar."

Di Afghanistan, Ahmadi bekerja sebagai wartawan dan mengenyam pendidikan tinggi. Ia tinggal bersama orangtua serta para saudaranya di Kabul selama lima tahun terakhir

Ia mengaku sebenarnya tidak ingin meninggalkan Afghanistan dan keluarganya, tetapi pekerjaannya berisiko menghadapi tindakan dari Taliban.

"Saya biasa bepergian ke berbagai provinsi di Afghanistan dan mewawancarai orang-orang serta meliput cerita sehari-hari orang Afghanistan di tingkat akar rumput, dan bagaimana mereka menyelesaikan konflik."

"Saya memakai media sosial dengan sangat berani ketika bekerja. Saya akan pergi ke provinsi-provinsi yang tidak aman di Afghanistan juga desa-desa yang tidak aman."

"Mereka pasti mengeklaim tidak menimbulkan ancaman bagi warga Afghanistan yang bekerja dengan LSM internasional dan orang asing... tetapi kami mendengar cerita mereka akan membalas dendam, terutama (kepada) jurnalis."

"Itu ancaman nyata bagi saya. Jadi saya tidak bisa hanya duduk dan melihat apa yang akan terjadi pada diri sendiri.

Ahmadi dibantu evakuasi oleh LSM Amerika yang pernah bekerja dengannya sebelumnya.

Dia dan rekan-rekannya menunggu tiga hari untuk diizinkan masuk bandara, lalu berhasil naik pesawat militer AS. Mereka pergi ke Qatar, lalu Jerman, Washington DC, kemudian Texas.

Juru bicara Fort Bliss mengatakan kepada The Independent, pangkalan itu hanya bertanggung jawab atas infrastruktur dengan menyediakan fasilitas darurat.

Dia mengarahkan pertanyaan ke agen federal, tetapi Kementerian Luar Negeri AS juga menolak menjawab secara spesifik.

Lebih dari 100.000 warga Afghanistan dievakuasi ke luar negeri. Instalasi militer AS sekarang menampung sekitar 30.000 pengungsi Afghanistan, lapor CBS awal pekan ini.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/05/171356570/viral-curhat-warga-afghanistan-hanya-dapat-secuil-makanan-di-pengungsian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke