Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Teknik Cairkan Cokelat yang Mudah, Salah Satunya Au Bain Marie

Kompas.com - 06/02/2023, 13:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak sekali cara untuk mencairkan cokelat masak untuk berbagai lapisan kue. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah au bain marie. 

Selain pemilihan teknik melelehkan cokelat yang benar, kamu juga perlu memerhatikan perlatan yang akan digunakan. Pastikan untuk menggunakan alat yang bersih dari air atau debu. 

Selengkapnya, simak teknik mudah mencairkan cokelat dari buku "SMK - Kue Pastry Kontinential Cokelat & Hidangan Penutup" (2016) oleh Yesi Kusuma penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud. 

Baca juga:

1. Teknik au bain marie

Teknik ini menggunakan dua buah panci. Satu panci besar dan satu panci agak kecil. Panci besar diisi dengan air mendidih dan panci kecil diisi dengan potongan cokelat yang akan dilelehkan. 

Hindarkan cokelat leleh dari air agar hasilnya tidak menggumpal dan warnanya akan menjadi buram. 

2. Metode tablier

Cara pertama untuk melelehkan cokelat dengan metode tablier adalah cokelat dipanaskan hingga 45 derajat celsius. Setelah itu, sepertiga adonan dituangkan kemeja marmer dan diaduk dengan spatula hingga agak kental. 

Adonan dimasukkan ke dalam baskom kemudian diaduk hingga merata. Ambil sisa cokelat yang masih hangat, aduk hingga mengalami pengentalan. Perhatikan suhunya agar adonan tidak menggumpal. 

3. Metode penyuntikan 

Metode lelehkan cokelat ini ada dua langkah. Pertama, cokelat yang sudah dilelehkan diberi tambahan irisan tipis cokelat. Kemudian, cokelat diaduk secara kuat hingga mencair. 

Takaran yang bisa digunakan adalah 1 kilogram cokelat yang akan dilelehkan perlu ditambahkan dengan 75-100 gram cokelat irisan. 

4. Metode tempering

Kamu bisa melelehkan cokelat dengan metode tempering di microwave. Masukkan cokelat ke dalam wadah khusus, adonan dipanaskan dengan suhu rendah hingga sebagian mencair. 

Biasanya, pada tahap ini cokelat akan berbentuk utuh tetapi dalamnya mencair. Tempering dengan microwave sangat mudah, tetapi butuh pengalaman lebih untuk melakukannya. 

5. Metode balok

Cara lelehkan cokelat masak ini bisa dilakukan dalam jumlah yang sedikit. Seperti pada metode seeding, tambahkan cokelat hangat satu balok. Aduk hingga mencapai suhu yang diinginkan. 

Angkat sisa balok cokelat yang masih tidak meleleh. 

Buku "SMK - Kue Pastry Kontinential Cokelat & Hidangan Penutup" (2016) oleh Yesi Kusuma penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com