Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Oliebollen, Donat Goreng Khas Belanda yang Mirip Odading

Kompas.com - 02/01/2023, 11:46 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Oliebollen adalah donat goreng khas Belanda yang biasanya disantap saat perayaan besar seperti Natal dan malam tahun baru.

Menurut The Spruce Eats, secara harfiah oliebollen berarti bola minyak karena adonan donat digoreng dalam minyak banyak.

Oliebollen terbuat dari bahan yang biasanya menjadi stok di dapur seperti tepung terigu, garam, air, gula, dan ragi. Donat goreng ini biasanya diberi taburan gula halus.

Sekilas, tampilan oliebollen mirip dengan odading alias roti goreng khas Indonesia.

Baca juga:

Lantas bagaimana awal mula munculnya oliebollen?

Melansir Sbs.com.au, tidak diketahui awal mula sebenarnya dari oliebollen.

Terdapat sejumlah pendapat salah satunya adalah oliebollen dipercaya berasal dari zaman pagan karena dimakan oleh suku Germanic saat merayakan Yule.

Namun, diketahui bahwa resep oliebollen pertama kali disebutkan pada abad ke-17 dalam sebuah buku masak Belanda berjudul "De verstandige kock oft sorghvuldige huyshoudster".

Donat goreng khas Belanda disebut sebagai oliekoecken (kue minyak) pada buku masak tersebut.

Lukisan seorang perempuan Belanda tengah memegang satu panci oliebollen.WIKIMEDIA COMMONS/DORDRECHTS MUSEUM Lukisan seorang perempuan Belanda tengah memegang satu panci oliebollen.

Nama oliebollen baru muncul pada akhir abad ke-19 dan dimasukkan ke dalam kamus Belanda. Pelukis Belanda bernama Aelbert Cuyp pun melukis oliebollen pada periode yang sama.

Aelbert melukis seorang perempuan berpakaian tradisional Belanda tengah memegang satu panci oliebollen. Lukisan tersebut dapat kamu lihat di Museum Dordrechts.

Oliebollen biasanya dijual pada saat musim dingin karena dapat menghangatkan badan. Tidak heran bila gerai oliebollen begitu ramai pelanggan ketika musim dingin di Belanda, terutama saat Natal dan tahun baru.

Gerai pinggir jalan yang menjual oliebollen disebut oliebollenkraam.

Donat goreng ini paling enak disantap saat baru selesai digoreng karena masih hangat. Kamu akan mendapatkan tekstur renyah pada bagian luar dan lembut pada bagian dalam.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com