Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung McDonald's Indonesia Sumbang 6.281 Buku Bacaan Anak Selama 6 Bulan

Kompas.com - 21/12/2022, 14:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - McDonald's Indonesia sepanjang 2022 serangkaian program melalui kampanye “Inspirasi Literasi McD”. 

Kampanye ini dalam bentuk beberapa program yang dilaksanakan oleh McDonald’s dengan menyasar target yang beragam antara lain, penggalangan donasi buku bacaan anak di 180 restoran McDonald's seluruh Indonesia. 

Beasiswa pelatihan untuk guru, pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud untuk orang tua, dan penyediaan prasarana layak melalui renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM).

"Tujuan kami adalah membantu meningkatkan literasi anak Indonesia," kata Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, pada jumpa pers di Taman Ismal Marzuki, Selasa (20/12/2022).

Kampanye Inspirasi Literasi McD berangkar dari  survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat yang rendah. 

Baca juga:

Selama enam bulan, McDonald's berhasil mengajak pengunjungnya untuk menyumbangkan 6.281 buku yang sudah didistribusikan ke 120 Taman Baca Masyarakat. 

"Pada pelaksanaannya setiap kami mengambil dan mendistribusikan buku menjadi saat yang dinantikan oleh para relawan,"ungkap Aris Munandar selaku Ketua Bidang Program dan Kemitraan Pengurus Pusat Forum TBM. 

"Kami juga melihat di lapangan, antusiasme dari pelanggan McD sangatlah baik, semoga tahun depan akan lebih banyak buku yang terkumpul melalui program ini,” lanjutnya. 

Selain itu juga sudah diselenggarakan beasiswa pelatihan bekerja sama dengan PGRI dan Klassku untuk  1.000 guru SD dari berbagai daerah di Indonesia. 

Kegiatan pelatihan ini telah diselenggarakan pada 27 Juni hingga 1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yang dapat dipilih oleh guru peserta, yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen Sains. 

Seluruh partisipan telah menerima sertifikat 64JP yang diterbitkan oleh PGRI dan dapat digunakan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat guru.

Kegiatan lain  adalah praktik di kehidupan sehari-hari, sehingga nantinya anak dapat membangun kebiasaan membaca. 

McDonald’s mengadakan program workshop membaca nyaring atau yang lebih dikenal dengan sebutan Read Aloud.

Simbolis penyerahan buku bacaan anak adri McDonald's Indonesia ke Forum Taman Bacaan Masyarakat. Dok. McDonald's Indonesia. Simbolis penyerahan buku bacaan anak adri McDonald's Indonesia ke Forum Taman Bacaan Masyarakat.

Kegiatan ini menyampaikan pesan dari media tertulis atau bergambar dengan cara dibunyikan serta memperhatikan intonasi suara, gestur tubuh hingga ekspresi muka. 

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun ketertarikan anak terhadap buku sehingga Ia menyukai kegiatan membaca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com