Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Makan di Dekat Pura Mangkunegaran, Lokasi Pernikahan Kaesang di Solo

Kompas.com - 07/12/2022, 14:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Pendopo Pura Mangkunegaran Solo ialah lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat tasyakuran pernikahan putra Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Dikutip dari laman Kompas.com yang tayang pada Minggu (4/12/2022), acara tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina di Puro Mangkunegaran akan dilaksanakan pada Minggu (11/12/2022) mendatang.

Pura Mangkunegaran adalah istana tempat kediaman para raja atau adipati Mangkunegaran yang berlokasi di Kota Solo, Jawa Tengah.

Jika kamu termasuk salah satu tamu undangan pernikahan Kaesang dan Erina, usai dari lokasi pernikahan tidak ada salahnya mampir ke beberapa tempat makan dekat Pura Mangkunegaran.

Selain rasanya yang enak, harganya pun ramah di kantong. Simak 10 tempat makan murah di dekat Pura Mangkunegaran Solo yang bisa kamu jadikan pilihan. 

Baca juga:

1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Nasi Liwet Bu Wongso merupakan salah satu gerai legendaris yang ada di Solo. Tempat makan ini sudah ada sejak 1950

Lokasinya berjarak sekitar 500 meter dari Pura Mangkunegaran, dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar empat menit.

Tepatnya ada di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Nasi Liwet Bu Wongso ini bisa didatangi pada sore hari usai berkeliling di Pura Mangkunegaran. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB. 

Khusus hari Minggu gerai ini makan ini buka hingga pukul 00.00 WIB. Menu nasi liwet yang ada di sini cukup variatif, kamu bebas memilih lauk untuk teman nasi liwet sesuai selera.

Khusus untuk campuran nasi liwet telur, ada ayam suwir, daging ayam bagian paha, daging ayam bagian dada, sayap ayam, ati ampela, kepala, dan brutu. 

Sedangkan untuk menu minuman ada Wedang Ronde, Wedang Kacang Putih, Wedang Uwuh, Wedang Jahe, Teh Kampul, Es Klengkeng, Es Teh Manis, dan Es Teh Tawar.

Harga makanan dan minuman yang ada di gerai Nasi Liwet Bu Wongso Lemu berkisar mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 36.000. 

2. Cafe Tiga Ceret

Setelah dari Pura Mangkunegaran kamu bisa mampir untuk nongkrong sejenak sembari menikmati suasana malam Kota Solo di Cafe Tiga Ceret. 

Cafe Tiga Ceret dikenal sebagai tempat nongkrong hits anak muda di Kota Solo. Lokasinya ada di Jalan Ronggowarsito Nomor 97, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Di sini kamu bisa pesan Nasi Terik Daging, Nasi Teri, Nasi Granat Caution, Nasi Oseng Tempe; aneka sate dan gorengan.

Beberapa varian wedang pun disediakan untuk menghangatkan tubuh pada malam hari. Ada Wedang Jahe Gepuk, Wedag Tape, Wedang Jahe Jeruk, Wedang Rempah, Wedang Beras Kencur, dan Wedang Gula Asem.

Harga makanan dan minuman di Cafe Tiga Ceret cukup terjangkau, berkisar mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 18.000.

Apabila ingin mampir, Cafe Tiga Ceret buka mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 00.30 WIB. 

Baca juga:

3. Soto Triwindu

Soto Triwindu termasuk tempat makan legendaris di Kota Solo, karena sudah ada sejak 1939.

Lokasinya hanya berjarak 350 meter dari Pura Mangkunegaran, dan kamu bisa ke lokasi dengan berjalan kaki sekitar lima menit.

Di sini menyediakan soto, nasi putih, dan lauk potong. Varian lauk potong di sini ada empal, lidah, paru, limpa, babat, otak, dan kikil. 

Selain itu ada juga aneka gorengan seperti tempe, tahu, lentho, perkedel, bakwan, dan mendoan.

Harga makanan dan minuman di Soto Triwindu cukup bersahabat, yakni mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 18.000.  Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 05.30 WIB hingga 15.30 WIB. 

Lokasinya ada di Jalan Teuku Umar, RT 001 RW 001, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

4. Bakso Alex 

Lokasi Bakso Alex cukup strategis karena berada di pinggir jalan, sebelah barat Keraton Mangkunegaran. 

Tepatnya ada di Jalan Yosodipuro  Nomor 12B, Ketelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Bakso Alex termasuk ramai dikunjungi oleh pembeli, khususnya pada malam hari. Selain karena rasa bakso yang enak, harganya pun cukup terjangkau, yakni berkisar mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 27.000.

Ada Bakso Super Komplit, Bakso Komplit, Bakso Urat, Bakso Halus, Mie Ayam Hotplate, Mie Ayam, Mie Ayam Bakso, Ayam Kampung Goreng, dan Siomay.

Gerai Bakso Alex buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. 

Baca juga: 8 Tempat Makan Ruang Terbuka di Solo, Ada Penyetan hingga Pizza

5. Timlo Maestro

Sebelum memasuki kawasan Pura Mangkunegaran, dari arah timur Jalan Ronggowarsito kamu bisa mampir ke gerai Timlo Maestro.

Tepatnya ada di Jalan K.H. Ahmad Dahlan Nomor 60 Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Lokasinya berjarak sekitar 450 meter dari Pura Mangkunegaran, dan kamu bisa menuju ke lokasi dengan berjalan kaki sekitar enam menit.

Gerai Timlo Maestro buka pada malam hari mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. 

Beberapa menu yang disediakan di sini seperti Timlo Komplit, Sosis Rempelo Ati, Telur Rempelo Ati, Telur Sosis, Telur Kuah, Sosis Kuah, Rempelo Ati Kuah, Sosis Kering, Rempelo Ati Kuah, dan Telur Kering.

Selain itu ada juga camilan berupa Rambak Kulit, Karak, Kerupuk Ikan, Rambak Oven, Sosis Basah, Kerupuk Udang, dan Kerupuk Kuning.

Harga makanan dan minuman di gerai Timlo Maestro berkisar mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 23.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com