Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Gunakan Daun Ketumbar untuk Berikan Aroma pada Masakan Berkuah

Kompas.com - 07/12/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Daun ketumbar merupakan bumbu masak yang banyak digunakan sebagai tambahan masakan berkuah atau gorengan ayam.

Selain itu, pada menu masakan internasional daun ketumbar biasa digunakan sebagai garnish atau taburan pada masakan seperti kari.

Bentuk dari daun ketumbar sekilas mirip dengan seledri, hanya saja warna daunnya lebih terang. Kamu bisa menemukan daun ketumbar di pasar atau supermarket, biasa dijual sedikit batang dan daunnya.

Dilansir dari majalah "SajianKu VOL. 2/I/2013 Serba-Serbi Teknik Menumis Menyiapkan Sajian Akhir Pekan" terbitan Penerbit Mediantara Infopersada, ada cara gunakan daun ketumbar pada masakan.

Baca juga:

1. Gunakan secara utuh

Kamu bisa menggunakan daun ketumbar secara utuh. Namun, pastikan mencuci daun sebelum memasukkannya ke dalam masakan.

Kamu bisa menggunakannya pada sop atau kari kuah kental.

2. Cincang ke dalam masakan

Selain digunakan secara utuh, kamu bisa menggunakan daun ketumbar dengan mencicangnya tipis-tipis seperti mencincang seledri. Taburkan pada masakan di tahap akhir.

Cara gunakan daun ketumbar ini cocok sebagai campuran makanan seperti salad.

Ilustrasi nasi daun ketumbar dan jeruk nipis. Dok. Shutterstock/ Nataliya Arzamasova Ilustrasi nasi daun ketumbar dan jeruk nipis.

3. Taburkan cincangan daun ketumbar

Kamu juga bisa menaburkan cincangan daun ketumbar di atas tumisan untuk memberikan aroma maksimal pada hidangan tersebut.

4. Gunakan sebagai garnish

Gunakan daun ketumbar menjadi garnish atau hiasan pada bagian atas kari atau ayam goreng untuk memberikan aroma lebih maksimal.

Majalah "SajianKu VOL. 2/I/2013 Serba-Serbi Teknik Menumis Menyiapkan Sajian Akhir Pekan" terbitan Penerbit Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com