Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Potong Timun untuk Hiasan Tumpeng, dari Bentuk Mawar hingga Daun

Kompas.com - 25/11/2022, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Akan ada perayaan di rumah dan ingin membuat nasi tumpeng? Selain melihat teknik membuat nasi kuning dan lauk pauk agar tertata rapi di nampan. Kamu juga perlu mengetahui cara memotong timun sebagai hiasannya. 

Dilansir dari buku "Tumpeng & Nasi Kuning Karakter" (2017) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kamu bisa simak cara memotong timun yang mudah untuk hiasan. Ikuti instruksi dalam penjelasan berikut. 

Baca juga:

1. Cara potong timun bentuk bunga 

Ambil timun dan potong menjadi dua horizontal, setelah itu, potong menjadi enam bagian jangan sampai putus. Potong bagian tengahnya. 

Bentuk lubang di bagian tengahnya, kerat setiap bagian yang sudah terpotong menjadi ujung lancip. Bentuk ujungnya lancip yang rapi. Iris bagian timun di bagian kulitnya yang hijau dan dagingnya yang putih. 

2. Cara potong timun bentuk daun 

Potong timun menjadi tiga bagian horizontal, ambil satu bagian dan potong dua vertikal, potong bagian tengahnya. Potong membentuk lancip di ujungnya. Potong hingga menyerupai bentuk daun. 

Kerat memanjang bagian punggungnya, kemudian kerat bagian sampingnya. Kalau sudah membentuk sisi kanan kirin, potong lancip. 

3. Cara potong timun bentuk bunga mawar

Iris tipis timun, susun irisan timun saling tindih. Gulung dari ukuran paling kecil sampai besar. Tusuk sisinya dengan tusuk gigi, buka kelopaknya sampai menyerupai mawar. 

4. Cara potong timun bentuk bunga bertumpuk 

Sama halnya dengan membuat bunga mawar, cara pertama adalah mengiris tipis timun. Ambil tusuk gigi bagian ujungnya, tancapkan wortel bentuk dadu. Ambil irisan mentimun paling kecil dan tekuk seperti kerucut. 

Lakukan dengan menumpuk irisan mentimun jepang yang paling kecil sampai besar. 

5. Cara potong timun bentuk bunga lipat

Potong vertikal timun menjadi dua bagian, ambil satu bagian mentimun dengan irisan pertama iris, jangan sampai putus. Lipat salah satu irisannya ke dalam. 

Buat lagi irisan timun menjadi tiga bagian, yang pertama dan kedua tidak sampai putus. Namun pada irisan yang ketiga sampai putus.

Lipat ke dalam irisan pertama dan ketiga, sisihkan. Buat lagi irisan dengan empat irisan. Irisan pertama hingga ketiga tidak putus, dan yang keempat putus. Sisihkan. 

Buku "Tumpeng & Nasi Kuning Karakter" (2017) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com