Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan Alat Baking Silikon, Apa Saja?

Kompas.com - 20/09/2022, 15:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Silikon pada dasarnya ialah karet sintetis yang dibuat dari gabungan silikon, oksigen, dan karbon yang terikat dalam rasio tertentu. 

Dikutip dari laman Times of India, silikon sebagai alat masak sudah diakui keamanannya oleh Food and Drug Administraton (FDA) dan ahli gizi Swati Bathwal.

Bathwal menilai alat masak silikon tepat guna untuk membantu proses pemanggangan.

Sehingga tak jarang peralatan baking atau memanggang seperti alas kue atau alat pengoles mentega umumnya terbuat dari silikon.

Selain nampak lebih ringan dan mudah dibersihkan, alat baking silikon juga punya kelebihan dan kekurangan. Ini bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga:

Kelebihan alat baking silikon

Dikutip dari laman Sfgate, alat memanggang yang terbuat dari silikon termasuk fleksibel karena mudah dilipat, digulung, dan tidak memerlukan banyak ruang untuk tempat penyimpanan.

Selain itu, noda hasil panggangan yang gosong dan menempel pada silikon pun mudah dibersihkan.

Saat tetesan adonan kue menempel pada alas silikon, misalnya. Biarkan hingga dingin lalu lipat silikon di bagian sisa adonan, setelah itu sisa adonan akan terlepas.

Kelebihan alat baking silikon lainnya yaitu mudah dibersihkan setelah digunakan. Apalagi bila alat baking diberi olesan minyak sayur sebelum digunakan, maka sisa makanan akan lebih mudah dibersihkan.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com