Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Lotus Root Powder dan Bagaimana Cara Seduhnya?

Kompas.com - 20/09/2022, 12:07 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lotus root powder sempat menjadi perbincangan ramai di media sosial pada beberapa waktu lalu. Sebenarnya, apa itu lotus root powder?

Persis namanya, lotus root powder merupakan bubuk akar teratai. Menurut Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso, akar teratai umumnya akan dihaluskan dan dikeringkan untuk menghasilkan lotus root powder.

Cita rasa lotus root powder cukup manis. Selain tambahan gula, manisnya bubuk akar teratai ini juga didapat dari campuran buah kering di dalamnya.

Selama kandungan gulanya masih dikatakan rendah, lotus root powder bisa dijadikan makanan diet, seperti yang disampaikan Stefu.

"Sebuah produk baru, menjadi solusi untuk orang yang mau diet, seperti halnya kemarin chia seed dan sorgum. Katanya kan kalau makan lotus root powder bisa kenyang tahan lebih lama," ujar Stefu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Baca juga:

Menurut ahli gizi Angel Jovi, S.Gz, lotus root powder memang dapat dikonsumsi oleh penggiat diet.

Bubuk akar teratai ini mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, serta termasuk makanan rendah gula, lemak, juga kalori.

"Orang yang mengonsumsi bubuk akar teratai ini akan merasa kenyang lebih lama, dibandingkan dengan makan nasi putih dan telur ceplok," tutur Angel saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Baca juga:

Cara menyeduh lotus root powder

Ilustrasi bubuk akar teratai atau lotus root powder yang sudah diseduh air panas. SHUTTERSTOCK/NUT_FOTO Ilustrasi bubuk akar teratai atau lotus root powder yang sudah diseduh air panas.

Stefu menyampaikan, cara paling umum untuk menikmati lotus root powder adalah dengan menyeduhnya.

Cara menyeduh lotus root powder pun cukup mudah. Dikutip dari China Daily, ada tiga bahan yang dibutuhkan, yakni lotus root powder, air matang dingin, dan air mendidih.

Cukup tempatkan satu saset lotus root powder di dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan satu hingga dua sendok air matang dingin. Aduk rata.

Jangan menaruh air dingin terlalu banyak. Pastikan untuk mengikuti takarannya karena cairan ini bisa memengaruhi tekstur akhir seduhan lotus root powder.

Lanjutkan dengan menambah air mendidih ke dalam campuran tersebut. Aduk tersus hingga berwarna kecoklatan dan sajikan.

Bila memiliki sisa lotus root powder, sebaiknya simpan di tempat kering dengan suhu sekitar 0-20 derajat celsius.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com