Kompas.com - 05/08/2022, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Punya daun pepaya dalam jumlah banyak di rumah? Ketahui dulu cara memasaknya untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. 

Dilansir dari beberapa sumber, simak cara mengolah daun pepaya yang mudah agar enak dan cepat empuk. Selain itu, agar warna hijaunya tidak cepat memudar. 

Baca juga:

1. Gunakan soda kue 

Dilansir dari buku "Resep Makanan Rumahan Paling Digemari - Lezatnya Oseng-Oseng" (2013) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada cara memasak daun pepaya agar warna hijaunya tidak pudar. 

Gunakan setengah sendok teh soda kue untuk merebus 300 gram daun pepaya agar tetap hijau. 

2. Rebus dengan daun singkong atau mengkudu

Dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty penerbit Andi Publisher, ada cara kurangi rasa pahit dari daun pepaya. 

Caranya adalah dengan merebus daun pepaya bersama daun singkong atau daun mengkudu, maka rasa pahitnya bisa berkurang. 

Ilustrasi daun pepaya berwarna hijau.SHUTTERSTOCK/PERNSANITFOTO Ilustrasi daun pepaya berwarna hijau.

3. Remas-remas daun pepaya 

Setelah daun pepaya direbus, angkat dan tiriskan. Remas-remas daun pepaya agar getahnya keluar dan rasa pahit bisa berkurang. 

Baca juga:

4. Lakukan pencucian berulang kali 

Kamu bisa melakukan pencucian sambil meremas-remas daun pepaya. Lakukan pencucian dengan air bersih hingga air hasil remasannya tidak berwarna hijau. 

5. Lakukan perebusan berulang kali 

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Minggu (27/09/2020), Siswanto sebagai Sous Chef Hotel Santika Pasir Koja menjelaskan untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya adalah dengan melakukan perebusan berulang kali.

Perebusan pertama, daun pepaya direbus selama satu jam kemudian diangkat dan dicuci dengan air dingin. Setelah itu, perebusan kedua selama 45 menit. Angkat dan cuci dengan air mengalir.

Terakhir, rebus daun pepaya selama 45 menit.

Baca juga: Cara Kurangi Rasa Pahit Daun Pepaya, Perhatikan Proses Merebus

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty penerbit Andi Publisher bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "Resep Makanan Rumahan Paling Digemari - Lezatnya Oseng-Oseng" (2013) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.