Kompas.com - 30/06/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Selain dikenal dengan kuliner getuknya yang legendaris, Magelang, Jawa Tengah juga terkenal akan kualitas cobek batu aslinya.

Ada banyak pengrajin cobek batu di Magelang, sehingga kualitas cobek batu asli Magelang cukup populer di Indonesia. Namun sebenarnya, apa keunggulan dari cobek asal Magelang ini?

Pemilik Cobek Batu Asli Magelang by Gisfan Artstone, Ahmat Fandiyanto menjelaskan, bahan baku menjadi salah satu pembeda terbesar cobek asli Magelang dengan cobek dari daerah lain.

"Batu asli itu maksudnya bukan cetakan. Kan ada cobek itu yang dari batu cetakan, kalau di sini asli dari perut gunung merapi, tidak ada tambahan apa-apa," kata Fandi yang memulai usaha cobeknya sejak dua tahun lalu.

Baca juga:

Menurutnya, batu asli gunung merapi tersebut memiliki tekstur yang sangat bagus untuk bahan cobek.

"Jadi dia lembut, tidak kasar banget tetapi tetap ada pori-porinya," kata Fandi saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/6/2022).

Fandi menuturkan, cobek asli Magelang juga biasanya tidak gampang keropos dan menggerus. Beda cerita dengan cobek yang dibuat dari batu cor.

"Kebanyakan orang dari Sumatera itu bilang kalau cobek magelang tidak licin. Jadi bikin bumbu cepat halus," ujarnya.

Selain dari teksturnya yang berpori, kamu bisa memastikan keaslian cobek batu dengan melihat warnanya.

Menurut Giswari Rismanisa, istri Fandi, cobek batu asli Magelang biasanya berwarna keabu-abuan, persis batu biasa. Warna cobek akan mengitam dan mengilap seiring digunakan.

Saat ini, cobek asli Magelang bukan hanya bisa ditemukan di Jawa Tengah saja.

Fandi mengatakan, dirinya pernah mengirim cobek batu ke banyak daerah, seperti Jakarta, Sumatera, dan Kalimantan.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.