Kompas.com - 29/06/2022, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Cobek asal Magelang terkenal akan kualitas baiknya. Tidak heran bila banyak masyarakat di salah satu Kabupaten Jawa Tengah tersebut yang berprofesi sebagai perajin cobek.

Salah satu perajin cobek asal Magelang adalah Ahmat Fandiyanto. Pria yang akrab dipanggil Fandi ini memulai usaha cobek batu asli pada awal pandemi Covid-19, tepatnya Maret 2020.

"Saya lihat, di sini kebanyakan perajin batu. Akhirnya saya resign dari pekerjaan lama dan mencoba bikin usaha sendiri sama teman. Sampai akhirnya saya bikin usaha sendiri," kata Fandi.

Keinginan Fandi untuk memulai usaha cobek juga didukung kemampuannya mengolah batu yang ia dapatkan selama masih bekerja.

Usaha bernama Cobek Batu Asli Magelang by Gisfan Artstone ini kemudian rutin memproduksi cobek selama dua tahun belakangan.

Baca juga:

Bahan baku cobek batu asli. DOK. Cobek Magelang by Gisfan Artstone Bahan baku cobek batu asli.

Fandi menyampaikan, dirinya bersama empat perajin lainnya biasa memproduksi ribuan cobek batu dalam satu bulan.

"Biasanya per minggu itu saya menghasilkan 500-800 cobek, tergantung batunya. Kalau batunya lancar, jumlah produksinya segitu," ujar Fandi saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/6/2022).

Bahan baku cobek milik Cobek Batu Asli Magelang by Gisfan Artstone adalah batu Gunung Merapi asli.

Menurutnya, batu gunung merapi memiliki karakteristik tidak jauh berbeda dengan batu kali.

Jenis batu yang dikeluarkan dari erupsi perut gunung berapi tersebut umumnya bertekstur padat, berpori, dan tidak mudah keropos.

Namun, ukuran batu cobek tidak selalu seragam sehingga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan pesanan cobek dengan ukuran tertentu.

Saat ini, Fandi menjual cobek dengan ukuran diameter mulai dari 10-60 sentimeter. Harga satu cobek berkisar Rp 15.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.