Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Es Pisang Ijo Kenyal dan Mengilap, Tambah Mentega

Kompas.com - 03/04/2022, 20:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Pisang ijo atau es pisang ijo merupakan kudapan asal Makassar yang segar dan manis. Ada cita rasa tersendiri dari kudapan ini karena menggunakan sirop pisang ambon. yang khas. 

Kalau kamu ingin membuat pisang ijo untuk sajian takjil nanti, ada cara membuat pisang ijo lembut, kenyal dan kulitnya mengilap. 

Dihubungi oleh Kompas.com, Chef Roni Rahman selaku Sous Chef Pastry di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, membagikan cara bikin pisang ijo lembut yang mudah diikuti. 

Baca juga:

Ilustrasi es pisang ijo untuk menu buka puasa yang menyegarkan. DOK.SHUTTERSTOCK/Evy Alisha Ilustrasi es pisang ijo untuk menu buka puasa yang menyegarkan.

1. Gunakan tepung terigu protein rendah 

Dalam penuturannya, Chef Roni biasa menggunakan tepung terigu protein rendah untuk membuat adonan kulit pisang ijo. 

"Kalau di tempat saya bekerja ini, saya biasa menggunakan tepung terigu protein rendah. Jadi, tidak menggunakan tepung beras. Penggunaan tepung terigu protein rendah ini cocok untuk membuat aneka jajanan pasar, salah satunya kulit pisang ijo" tuturnya kepada Kompas.com pada Jumat (01/04/2022). 

Selain penggunaan tepung terigu protein rendah, kamu juga bisa menggunakan tepung beras untuk membuat adonan kulit pisang ijo.

Baca juga:

2. Gunakan pisang raja 

Salah satu bahan utama membuat es pisang ijo adalah pisang. Kamu bisa menggunakan jenis pisang raja, seperti yang disarankan oleh Chef Roni. 

"Pakai pisang raja. Itu harus menggunakan pisang raja dengan kematangan yang matang. Kalau masih mengkel atau mentah nanti hasil akhirnya tidak manis." ungkapnya. 

Chef Roni juga menambahkan kalau pisang kepok juga bisa digunakan untuk membuat pisang ijo. Hanya saja, jenis pisang yang sering digunakannya adalah jenis pisang raja karena rasa dan teksturnya yang pas. 

Ilustrasi es pisang ijo untuk menu buka puasa yang menyegarkan. DOK.SHUTTERSTOCK/Evy Alisha Ilustrasi es pisang ijo untuk menu buka puasa yang menyegarkan.

3. Tambahkan margarin

Sebagai penambah rasa gurih pada adonan kulit pisang ijo, Chef Roni menyarankan untuk menambahkan margarin. 

"Kalau saya biasa menambahkan margarin biar ada rasa gurih pada kulitnya." imbuhnya. 

Baca juga:

4. Tambahkan mentega 

Kamu bisa menggunakan sedikit mentega pada adonan kulit pisang ijo, agar warna dari kulitnya lebih mengilap, seperti yang dikatakan oleh Chef Roni.

"Benar sekali, bisa ditambahkan dengan sedikit mentega biar permukaannya lebih shining atau glowing gitu." katanya.

5. Bahan pengganti sirop pisang ambon

Salah satu bahan utama membuat es pisang ijo adalah sirop pisang ambon atau sirop dht.

Kalau kamu kesulitan dalam mencari sirop tersebut, kamu bisa menggantikannya dengan sirop coco pandan siap pakai, seperti yang disarankan oleh Chef Roni. 

Baca juga:

6. Adonan kulit pisang ijo harus diaduk sampai kalis 

Ada cara membuat kulit pisang ijo agar menempel pada pisang yaitu pastikan kamu mengaduk adonan kulit pisang ijo sampai kalis. 

"Nah itu ada tipsnya, jadi adonan harus diaduk terus. Jangan berhenti kalau adonan sudah mendidih. Tetapi harus diaduk terus sampai kalis dan adonan tidak menempel pada panci." ungkapnya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com